Ilustrasi bahagia. (Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pernahkah mendengar kisah saduran ini sebelumnya? Mengenai seorang pemuda yang mencari kebahagiaan, ia bertanya pada setiap orang, tapi tak jua menemukan jawaban memuaskan mengenai di manakah kebahagiaan itu bisa ditemukan.

Sampai akhirnya pemuda ini mendapat info tentang seorang tua yang terkenal dengan kebijaksanaannya. Rumah orang tua ini begitu besar dan banyak dikunjungi orang yang bertanya berbagai hal mengenai kehidupan.

Tiba giliran sang pemuda, ia pun memberikan pertanyaan yang biasa ia lontarkan pada orang lain ke orang tua bijak tersebut, “Di manakah kebahagiaan itu?”

“Nak, pertanyaanmu agak sulit dijawab, akan tetapi saya akan mencoba menjawabnya dalam 30 menit ini. Karena ada urusan sebentar di luar rumah, bisakah engkau menunggu terlebih dulu?”

“Baiklah.”

“Sambil menunggu saya kembali, bisakah engkau berjalan-jalan ke sekeliling rumah saya sambil memegang sendok ini?”

Sang bapak tua memberikan sendok lalu menuangkan sedikit tinta di atasnya. Pemuda itu bingung tapi patuh mengikuti permintaan aneh tersebut.

Tiga puluh menit berlalu, sang pemuda telah berkeliling rumah orang tua bijak tersebut yang memang sangat luas. Tak lama, orang tua itu kembali.

“Mohon maaf membuat engkau menunggu lama.”

“Ah, tidak apa-apa. Saya juga sudah melakukan yang Anda minta. Ini sendok berisi tintanya masih utuh,” pemuda itu mengembalikan sendok tersebut perlahan.

LEAVE A REPLY