Ilustrasi wakaf. (Foto: iStockphoto/arthon meekodong)

Oleh: Rindawati Maulina ST MT MSc (Analis Bank Indonesia)

ZNEWS.ID JAKARTA – Sebagai salah satu negara dengan populasi muslim terbanyak, mencapai 200 juta jiwa, Indonesia memiliki potensi penggalangan wakaf uang yang sangat besar. Menurut Badan Wakaf Indonesia (BWI), nilai pengumpulan wakaf dapat mencapai hingga Rp20 triliun per tahun. Dengan asumsi, 20 juta umat Islam berdonasi Rp1 juta per tahun atau kurang dari Rp100.000 per bulan.

Namun dari fakta yang ada, jumlah wakaf tunai yang terkumpul pada 2022 lalu sangat jauh di bawah potensinya, yaitu hanya sekitar Rp1,4 triliun atau kurang dari 1%.

Sementara, berdasarkan laporan Bank Dunia, pada 2016, hampir separuh penduduk Indonesia termasuk kelompok muslim kelas menengah ke atas. Artinya, kelompok ini memiliki keleluasaan untuk berpartisipasi berwakaf.

Apa yang sebenarnya terjadi sehingga wakaf belum menjadi pilihan amal jariyah sebagian besar muslim di Indonesia?

Tidak seperti zakat yang merupakan salah satu kewajiban bagi muslim yang telah dikategorikan mampu, wakaf merupakan amalan sunah sehingga mungkin praktiknya belum cukup dipahami kebanyakan orang.

Untuk menarik minat muslim dalam berwakaf, pemerintah Indonesia telah menggaungkan berbagai program, salah satu yang kian populer sejak dikeluarkannya fatwa oleh DSN MUI pada 2012 adalah wakaf uang.

Agar dapat menjaring lebih luas calon wakif di seluruh Nusantara, peran bank syariah di Indonesia juga ditetapkan sebagai lembaga pengumpul wakaf uang (LKSPWU) sesuai dengan UU Wakaf No.41 Tahun 2004.

Baru-baru ini, bank syariah juga telah mendapatkan peran tambahan sebagai nazir wakaf setelah Undang-Undang Pembinaan dan Penguatan Sektor Jasa Keuangan (UU P2SK) disahkan.

Apabila kita mengambil pelajaran dari peluncuran program wakaf uang dengan melibatkan bank syariah pada instrumen Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) sejak 2020 silam, tercatat peningkatan yang cukup signifikan dalam jumlah yang dikumpulkan selama tiga seri penerbitan CWLS ritel.

LEAVE A REPLY