Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Aceh bersama dengan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma  (LKC) DD Aceh dan DD Aceh yang dibantu oleh Kader Sehat memperingati Hari ASI Sedunia di Desa Miruek Lamreudeup, Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar, Rabu (2/8/2023). (Foto: Ist)

Oleh: Gufron Ginting

ZNEWS.ID ACEH BESAR – Tercatat  pada 1-7 Agustus, dunia menghormati para ibu dengan memperingati hari ASI sedunia. Tema hari ASI sedunia tahun ini ialah Enabling Breastfeeding: Making a difference for working parents” yang memiliki arti “Menagktifkan Menyusui: Membuat perbedaan bagi orang tua yang bekerja”. Selain itu, kegiatan hari ASI sedunia juga didukung penuh oleh WHO (World Health Organization)

“Dan ibu-ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan, kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara makruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan waris pun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS Al baqarah: 233)

Alhamdulillah, Rabu (2/8/2023), Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Aceh bersama dengan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) DD Aceh dan DD Aceh yang dibantu oleh Kader Sehat berhasil mengedukasi sekaligus mendemonstrasi pentingnya ASI, baik bagi anak dan ibu. Serta, bagaimana cara yang baik dalam membuat makanan pendamping ASI yang baik untuk anak.

Kegiatan ini berlangsung di Desa Miruek Lamreudeup, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar.  Kegiatan yang dilakukan meliputi seminar akan pentingnya ASI baik bagi anak dan ibu, seminar akan pentingnya membuat Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang baik dan benar, demonstrasi dan praktik pembuatan MPASI, pembagian alat makan untuk si kecil, serta layanan skrining untuk ibu-ibu yang sedang mengandung (hamil).

BACA JUGA  Libatkan Ratusan Lansia, Dompet Dhuafa dan Pemkot Jakbar Gelar Skrining Kesehatan

Pada kegiatan kali ini, antusias warga sangat luar biasa. Diikuti oleh kurang lebih 150 ibu yang memiliki bayi di bawah lima tahun, 30 ibu yang sedang menyusui  dan 13 ibu yang sedang hamil.

Bagi saya, tak perlu besar dahulu dalam membuat dan menebar kebaikan di penjuru. Cukup dengan memberikan senyuman yang tulus kepada orang lain, maka senyuman itu akan kembali dengan membawa teman-temannya.

Ya, konsep saya dalam hal ini adalah Pay it Forward, kebaikan yang kita berikan akan datang kepada kita dalam jumlah yang berlipat. Pastinya, setiap kebaikan kita itu punya dampak sendiri, punya makna dan juga kesan sendiri bagi orang lain.

LEAVE A REPLY