Ilustrasi mata lelah. (Foto: shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Anda mungkin sering mengalami sensasi berat, kekeringan, atau rasa perih pada mata Anda. Mungkin ini adalah tanda-tanda mata lelah, yang dalam bahasa medis disebut astenopia.

Mata lelah adalah kondisi di mana otot-otot mata merasa lelah karena terus-menerus bekerja keras, terutama saat fokus pada objek dekat dalam jangka waktu yang lama.

Meskipun mata lelah tidak dianggap sebagai masalah serius, jika dibiarkan tanpa istirahat, dapat menyebabkan gejala lain pada tubuh, seperti sakit kepala, tegang pada bahu, leher, dan punggung. Selain itu, mata yang lelah juga dapat mengganggu produktivitas Anda.

Penyebab Mata Lelah

Ada banyak kebiasaan sehari-hari yang mungkin menjadi penyebab mata lelah, di antaranya:

  • Menatap layar komputer atau gawai dengan waktu yang lama.
  • Terlalu lama membaca tanpa beristirahat di ruangan minim cahaya.
  • Terkena cahaya yang telalu terang.
  • Menyetir kendaraan secara terus menerus dengan jarak tempuh yang jauh dan waktu yang lama.
  • Memiliki kelainan refraksi mata.

Menurut American Academy of Ophthalmology, menggunakan perangkat gawai sebenarnya tidak merusak mata, tetapi jika digunakan dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan kelelahan pada otot mata dan mengganggu penglihatan.

Saat kita melihat layar gawai, frekuensi kedipan mata dapat berkurang hingga tiga kali lipat, yang dapat menyebabkan mata lelah karena terus-menerus menatap layar.

BACA JUGA  Obesitas pada Anak: Gejala, Komplikasi, dan Pencegahannya

LEAVE A REPLY