Ilustrasi Manfaat Menulis Jurnal bagi Kesehatan Mental. (Foto: Unsplash.com/Green Cameleon)

ZNEWS.ID JAKARTA – Salah satu alat kesehatan yang paling efektif sebenarnya adalah kegiatan menulis jurnal. Kegiatan ini memiliki berbagai manfaat, mulai dari mengurangi stres hingga merangsang eksplorasi diri.

Menulis jurnal adalah bentuk kesadaran yang bergerak, membantu kita mengamati hal-hal berharga dalam hidup yang mungkin sering terlewatkan.

Berikut ini adalah enam manfaat dari kegiatan menulis jurnal, seperti yang dilaporkan oleh Healthline:

  • Bantu Kurangi Stres

“Jurnal bisa menjadi venting yang efektif ketika kita merasa terlalu tertekan atau mengalami banyak perasaan secara internal,” ungkap pendiri Mending Trauma, Amy Hoyt, PhD.

Beberapa penelitian telah mengonfirmasi hal ini. Pasien, keluarga, dan profesional kesehatan di rumah sakit anak melaporkan penurunan tingkat stres setelah melibatkan diri dalam latihan penulisan jurnal ini.

Penelitian tersebut melibatkan partisipan untuk menuliskan tiga hal yang mereka syukuri, rangkuman hidup dalam enam kata, dan mencatat tiga keinginan.

Hasil dari studi tindak lanjut yang dilakukan 12 hingga 18 bulan kemudian menunjukkan bahwa 85 persen dari peserta merasakan manfaat signifikan dari latihan menulis ini, dan 59 persen di antaranya terus melanjutkan jurnal sebagai cara untuk mengatasi stres.

BACA JUGA  Zoom Fatigue dan Pengaruhnya pada Kesehatan Mental

LEAVE A REPLY