Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Aceh mengadakan kelas edukasi kanker serviks dan kanker payudara di Kawasan Sehat Binaan, Desa Miruek Lamreudeup, Baitussalam, Aceh Besar, Selasa (12/12/2023). (LKC DD Aceh)

ZNEWS.ID ACEH BESAR – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Aceh mengadakan kelas edukasi kanker serviks dan kanker payudara di Kawasan Sehat Binaan, Desa Miruek Lamreudeup, Baitussalam, Aceh Besar, Selasa (12/12/2023). Kegiatan ini diikuti oleh 48 jiwa warga setempat.

Nufus Diana Putri, Penananggung Jawab Kawasan Sehat LKC Dompet Dhuafa Aceh mengatakan bahwa sasaran kegiatan ini adalah wanita usia subur, rentang usia 15-49 tahun. Edukasi yang diberikan berupa pemahaman tentang pentingnya Sadanis (Pemeriksaan Payudara secara Klinis yang dilakukan oleh tenaga kesehatan).

“Pada kesempatan ini kami menghadirkan pemateri yang andal dan profesional, yaitu bidan klinik bersalin. Bidan Riri Febriari turut mendemonstrasikan tata cara pemeriksaan sadanis. Selain itu juga melakukan pemeriksaan terhadap 48 peserta yang hadir,” ucap Nufus.

Nufus menambahkan, lanjutan dari kegiatan ini adalah pelaksanaan IVA Test (Inspeksi Visual Asam Asetat). Peserta yang hadir dan bersedia melakukan pemeriksaan dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan pelayanan. Rencananya, pemeriksaan dilakukan di klinik kesehatan oleh tenaga medis yang andal.

Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Aceh mengadakan kelas edukasi kanker serviks dan kanker payudara di Kawasan Sehat Binaan, Desa Miruek Lamreudeup, Baitussalam, Aceh Besar, Selasa (12/12/2023). (LKC DD Aceh)

“Tes IVA merupakan pemeriksaan untuk deteksi dini kanker serviks. Pemeriksaan dengan melihat kelainan setelah mengoleskan larutan asam asetat (asam cuka 3-5%). Karena hal ini bersifat sensitif, kami tidak memaksa semua peserta yang hadir untuk melakukan pemeriksaan, hanya kepada yang bersedia saja,” ujar Nufus.

Selain edukasi, pemeriksaan Sadanis, dan rencana pelaksanaan IVA Test, juga dilakukan penyaluran paket pencegahan kanker yang terdiri dari sayur, buah-buahan lokal, kacang hijau, kacang merah, madu, dan telur. Terlihat peserta yang hadir sangat antusias dan merasa senang dengan adanya kegiatan ini.

“Alhamdulilah, kami sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini. Banyak sekali manfaat yang kami dapatkan, terutama ilmu dan pemahaman. Semoga kegiatan serupa akan terus ada, mengedukasi kami masyarakat desa. Acara ini menjadi sangat spesial bagi kami ibu-ibu, dan patut menjadi bagian dari pemeriahan hari ibu yang jatuh pada 22 Desember mendatang,” ucap Elvi Safrita salah satu peserta. (LKC DD)

BACA JUGA  Desa Binaan LKC Dompet Dhuafa Sulsel Hadirkan Pemeriksaan Gigi Gratis

LEAVE A REPLY