Ilustrasi: Dompet Dhuafa bersama Organisasi Pendidikan dan Pengembangan Kapasitas Noor (NECDO) menyembelih lima sapi yang setara 200 kilogram daging pada kesempatan Tebar Hewan Kurban (THK) Iduladha 1444 H, di Kabul, Afghanistan.

ZNEWS.ID JAKARTA – Ibadah kurban yang dirayakan umat Islam di seluruh dunia semestinya bisa dilaksanakan di Palestina juga. Dengan adanya kondisi Palestina yang begitu memprihatinkan, kita perlu menyalurkan kurban untuk Palestina sebagai wujud kepedulian kita.

Sebenarnya, apa saja keutamaan berkurban dalam Islam dan bagaimana cara kita membantu saudara kita di Palestina?

Kondisi Palestina semakin membuat iba saudara muslim di seluruh dunia. Di tengah kejahatan genosida berkepanjangan yang mencekam, warga Palestina kehilangan harta, pekerjaan, rumah, bahkan nyawa mereka.

Banyak saudara muslim yang hidup dalam keterbatasan, kekurangan pangan, serta kesulitan menjalankan ibadah dengan tenang, termasuk menjalankan ibadah kurban.

Sebagai sesama umat Islam seharusnya kita menolong saudara kita yang kesulitan dengan menyalurkan kurban ke Palestina, agar saudara kita di Palestina bisa merayakan kurban.

Allah berfirman dalam surah Al-Hajj (22:37)

لَنۡ يَّنَالَ اللّٰهَ لُحُـوۡمُهَا وَلَا دِمَآؤُهَا وَلٰـكِنۡ يَّنَالُهُ التَّقۡوٰى مِنۡكُمۡ​ؕ كَذٰلِكَ سَخَّرَهَا لَـكُمۡ لِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمۡ​ؕ وَبَشِّرِ الۡمُحۡسِنِيۡنَ‏ ٣٧

Artinya: “Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. Demikianlah dia menundukkannya untukmu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.”

Allah memberikan petunjuk bahwa umat Islam harus memiliki ketakwaan kepada Allah dan memiliki sifat ikhlas dalam berkurban.

BACA JUGA  Calon Dai Warga Binaan Lapas Kelas 1 Tangerang Dibekali Ilmu Hadis

LEAVE A REPLY