Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa hadir di Pulau Seribu Masjid, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID LOMBOK – Tebar Hewan Kurban (THK) kembali hadir di pulau dengan julukan Pulau Seribu Masjid, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). THK di Pulau Lombok sudah melalui tahapan Quality Control (QC) sebelumnya, langkah untuk menjamin mutu hewan kurban yang dititipkan para donatur agar senantiasa sesuai, baik dari segi syariah maupun kesehatan.

Hewan kurban yang disalurkan di Pulau Lombok sebanyak 25 ekor sapi. Kurban didistribusikan ke 25 daerah yaitu Ampenan, Batulayar, Gunungsari, Lembar, Kuripan, Narmada, Lingsar, Sekotong, Labuapi, Jurang Jaler, Jago, Sangkowati, Genteng, Batukliang, Pendem Janapria, Bangket Parak, Ketare, Pujut, Bujak Batukliang, Batunyale, Praya Tengah, Sembalun, Sajang, Aikmel, Jerowaru, Sekaroh, Suela dan Sukamulia.

Total penerima manfaat dari 25 daerah tersebut kurang lebih 2.500 KK. Titik daerah distribusi hewan kurban dipilih dengan kriteria, daerah dengan warga yang berada di garis kemiskinan, rawan permurtadan, tidak pernah menerima hewan kurban, dan penyintas gempa.

Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa hadir di Pulau Seribu Masjid, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: Dompet Dhuafa)

Walaupun Lombok dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia, namun data dari Badan Pusat Statistik Nusa Tenggara Barat (2021) menunjukkan bahwa jumlah penduduk miskin di Pulau Lombok kurang lebih 534.170 jiwa.

Berdasarkan hal tersebut, Tebar Hewan Kurban dilaksanakan di Pulau Lombok agar saudara-saudara kita yang membutuhkan juga bisa merasakan kebahagiaan hari Idul Adha. Berangkat dari hal tersebut, Dompet Dhuafa ingin terus BerkolaborAksi dengan berbagai pihak agar dapat mengabdikan, membantu, dan membahagiakan mereka yang membutuhkan.

Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa hadir di Pulau Seribu Masjid, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: Dompet Dhuafa)

Tebar Hewan Kurban di Pulau Lombok terselenggara dari Minggu (10/7/2022) hingga Rabu (13/7/2022). Dompet Dhuafa bermitra dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dasi NTB untuk berkolaborasi pendistribusian hewan Kurban.

“Masyarakat sangat senang dengan adanya kurban yang disalurkan Dompet Dhuafa di Lombok. Mereka sangat berterima kasih kepada Dompet Dhuafa dan para donatur karena daerah-daerah yang kami salurkan bahkan ada yang makan daging ketika Idul Adha tiba, kalau ada yang kurban di daerah tersebut,” ucap Saidun Ali, Tim LAZ Dasi NTB.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Volunteer Gemakan Kurban Asik Tanpa Sampah Plastik

Oleh: Elfi/Ronggo

LEAVE A REPLY