Nasi cikur, Tasikmalaya. (Foto: Instagram.com/jajanditasikyuk)

ZNEWS.ID JAKARTA – Jika kamu melakukan perjalanan darat dari Banten ke Jawa Tengah atau Jawa Timur, kamu akan menemukan sejumlah makanan khas daerah yang sayangnya sering terlewatkan.

Di bawah ini adalah beberapa hidangan khas yang dapat kamu temui di sepanjang jalur selatan Jawa Barat (Jabar).

  • Angeun Lada, Pandeglang

Angeun Lada adalah hidangan gulai yang menggunakan daging kerbau sebagai bahan utamanya. Masakan ini merupakan salah satu kuliner khas Banten Selatan yang memiliki cita rasa yang gurih.

Selain itu, hidangan ini juga memiliki aroma yang khas dari daun walang. Awalnya, Angeun Lada dibuat menggunakan daging kerbau atau jeroan sapi, namun beberapa rumah makan kini telah memodifikasi resepnya.

Beberapa versi hidangan ini menggunakan ikan sebagai pengganti daging, atau bahkan mengombinasikannya dengan sayuran seperti rebung. Menikmati Angeun Lada dengan nasi panas pasti akan membangkitkan selera.

  • Sekoteng Singapore, Sukabumi

Melewati Sukabumi, baiknya beristirahat sejenak sambil menikmati Sekoteng Singapore. Sekoteng sangat terkenal di daerah tersebut, bahkan kini telah berkembang hingga ke Bandung.

Sekoteng Singapore adalah minuman jahe dengan berbagai isian, seperti kacang hijau, pacar cina, kacang tanah, dan potongan roti. Di Sekoteng Singapore juga ditambahkan kue jahe coklat yang membuat rasanya semakin lezat.

Selain itu, saat berada di Sukabumi, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas daerah yaitu Mochi. Mochi telah menjadi makanan khas yang terkenal di Sukabumi dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

BACA JUGA  Ragam Kuliner Khas yang Patut Dicoba saat Lewat Jalur Pansela

LEAVE A REPLY