Ilustrasi Al-Qur’an. (Foto: Pixabay)

ZNEWS.ID JAKARTA – Al-Qur’an diturunkan oleh Allah dan dijaga-Nya melalui manusia yang dipilih-Nya. Pada masa Rasulullah, beliau menanamkan kecintaan mendalam terhadap Al-Qur’an di hati para sahabat.

Berikut ini tujuh orang yang terkenal sebagai penghafal Al-Qur’an pada zaman Rasulullah:

1. Ali Bin Abi Thalib

Ali adalah seorang penghafal Al-Qur’an yang kuat dan termasuk diantara orang yang pertama kali mendapat hidayah Islam. Abu Abdurrahman as-Sulmi berkata “Aku tidak pernah melihat seorang yang lebih pandai dalam Al-Qur’an daripada Ali”.

Kehidupan Ali selalu diwarnai dengan Al-Qur’an. Ali berkata tentang dirinya dan karunia Allah kepadanya.

“Demi Allah tidak satupun ayat yang diturunkan kecuali aku telah mengetahui tentang apa dan di mana diturunkan. Sesungguhnya, Allah telah memberikan kecerdasan hati dan lidah yang fasih,” tuturnya.

2. Abu Musa Al-Asy’ari

Abu Musa dianugerahkan oleh Allah SWT berupa suara yang merdu. Suara merdunya ini mampu menembus tirai hati orang-orang mukmin dan melenakannya menembus kebesaran Allah.

Rasulullah pun pernah memuji suaranya yang merdu itu.

“Ia (Abu Musa) benar-benar telah diberi seruling Nabi Daud,” begitu kata Rasulullah. Sampai-sampai, banyak para sahabat yang menanti-nanti Abu Musa untuk menjadi imam pada setiap kesempatan salat.

3. Abu Darda

Abu Darda adalah seorang hafiz yang bijaksana. Ia termasuk orang yang mengumpulkan Al-Qur’an dan menjadi sumber bagi para pembaca di Damaskus pada masa khalifah Utsman bin Affan.

Ia memiliki kedudukan yang tinggi dalam hal ilmu dan amal dari para sahabat yang lainnya. Selama hidupnya, ia mengajarkan kepada umat apa yang ia pelajari dari Rasulullah SAW. Ia guru yang selalu dinani-nanti murid-muridnya.

BACA JUGA  Cita-Cita Mulia Sandi Jadi Penghafal Al-Qur’an di PBM Az-Zahra Dompet Dhuafa

LEAVE A REPLY