
ZNEWS.ID JAKARTA – Praktisi Pemasaran dan Behavioral Science Ignatius Untung Surapati membagikan tips kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tentang cara meningkatkan kinerja dan penjualan mereka melalui metode live commerce.
Untung merekomendasikan agar pelaku UMKM memulainya dengan membangun identitas atau citra positif di platform digital tempat mereka melakukan siaran langsung saat berjualan.
“Kita perlu membangun daya tarik dan citra diri terlebih dahulu di platform digital, karena pada dasarnya orang cenderung membeli dari seseorang yang mereka percayai,” ujar Untung, yang merupakan alumnus Universitas Gajah Mada, dilansir dari Antara.
Dia menegaskan bahwa pembentukan citra ini harus diikuti dengan konsistensi, sehingga selain terbiasa berjualan secara daring secara rutin, pelaku UMKM juga bisa membangun kepercayaan dengan calon pelanggan.
Untung memberikan contoh tentang bagaimana konsistensi dalam membangun citra dapat berhasil dalam penjualan live commerce, seperti yang dilakukan oleh seorang kreator konten bernama Kohcun.
Kohcun telah berhasil menghasilkan omzet besar senilai R21 miliar dengan metode live commerce, karena dia secara konsisten melakukan siaran langsung setiap hari saat berjualan.
“Kohcun bisa mencapai posisi saat ini karena dia konsisten. Perhatikan saat dia sedang siaran langsung, jumlah penontonnya mencapai ratusan karena dia konsisten. Ini berbeda dengan yang tidak konsisten, biasanya hanya memiliki puluhan atau bahkan hanya beberapa penonton,” kata Untung.