Ilustrasi Kesehatan Mental. (Foto: pixabay.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Kesehatan mental adalah usaha menyeluruh dari manusia, baik secara fisik maupun psikis, untuk menjaga keseimbangan kualitas hidup. Stabilitas emosi, kondisi psikologis, serta hubungan sosial merupakan indikator kesehatan mental seseorang.

Aspek-aspek ini memengaruhi cara seseorang berpikir, bertindak, dan mengambil keputusan.

Berdasarkan situs Badan Kesehatan Dunia (WHO), individu dengan kondisi mental yang sehat dapat mengoptimalkan kemampuan dan potensinya dalam menjalani hidup harmonis, bekerja dengan baik, dan memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitarnya.

Sebaliknya, gangguan kesehatan mental dapat menimbulkan masalah suasana hati, stabilitas berpikir, dan kesulitan mengendalikan emosi. Dalam beberapa kasus, hal ini bisa memicu tindakan destruktif terhadap diri sendiri atau orang lain.

Gangguan kesehatan mental dalam kehidupan sehari-hari dapat merusak interaksi sosial seseorang. Tiga kondisi umum dari masalah kesehatan mental adalah stres, kecemasan berlebihan yang bisa menyebabkan Generalized Anxiety Disorder (GAD), dan depresi.

Penyebabnya beragam, mulai dari gangguan pola tidur, kelelahan berlebihan, ketegangan fisik yang menyebabkan sakit kepala dan nyeri dada, hipertensi, obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung. Beberapa faktor penyebab lainnya termasuk tekanan pekerjaan, masalah ekonomi, dan ketegangan hubungan sosial.

Selain itu, gangguan kesehatan mental juga bisa ditandai dengan perubahan suasana hati tiba-tiba (bipolar) atau berkurangnya kemampuan menilai realita (psikosis), yang bisa berlanjut menjadi skizofrenia.

BACA JUGA  Dai Ambassador Dompet Dhuafa Gelorakan Dakwah hingga Suriname

LEAVE A REPLY