Ilustrasi hati atau liver. (Foto: iStock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Kanker hati disebabkan oleh berbagai faktor. Bukan hanya konsumsi alkohol yang berlebih, bisa juga akibat akumulasi penumpukan lemak di hati yang berhubungan erat dengan obesitas dan diabetes.

Pada dasarnya, kanker hati dibagi menjadi dua macam, kanker hati primer dan kanker hati metastasis. Kanker hati primer merupakan kanker yang terjadi dari sel-sel hati yang normal berubah menjadi sel-sel abnormal.

Sementara, kanker hati metastatis yaitu kanker hati yang berasal dari penyebaran kanker dari organ lain seperti usus besar, paru-paru atau payudara. Kanker hati primer yang terbanyak adalah hepatocellular carcinoma (HCC).

Data Global Cancer Observatory (Globocan) 2020 mencatat kanker hati merupakan salah satu dari empat penyebab kematian akibat kanker paling banyak di Indonesia.

Mayoritas penderita kanker hati primer di dunia memiliki penyakit hati kronis seperti sirosis hati, yaitu terbentuknya jaringan parut di hati akibat penyakit kronis.

Dokter Hendra Nurjadin SpPD KGEH, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterologi-Hepatologi Mayapada Hospital Tangerang, menjelaskan bahwa sirosis hati tidak hanya disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebih.

Hendra menjelaskan, pada banyak kasus yang ditemukan, sirosis disebabkan oleh penyakit hati yang tidak berhubungan dengan alkohol atau disebut Nonalcoholic Steatohepatitis (NASH), yaitu terjadinya penumpukan lemak di hati, yang berhubungan dengan obesitas, sindrom metabolik, dan diabetes.

BACA JUGA  Jaga Kesehatan Mental dan Fisik dengan Tidur Berkualitas

LEAVE A REPLY