Pembinaan Sahabat KLiK dilaksanakan pada 25-26 Agustus secara daring via Zoom. (Tangkap Layar/LPI DD)

ZNEWS.ID JAKARTA – Berdasarkan data Pusat Penelitian dan Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan 2019,  Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) Indonesia masih rendah, yaitu 37,32.

Oleh sebab itu, Sekolah Literasi Indonesia (SLI) merancang program literasi yang bisa merangkul orang tua, guru dan, penggiat TBM agar mampu membangkitkan gairah serta semangat anak-anak dalam belajar dan gemar membaca.

Yakni, melalui beragam aktivitas literasi yang bermakna dan menyenangkan bernama Sahabat Kelas Literasi Kreatif (KLiK).

Menurut Muhammad Shirli Gumilang, Manajer SLI, Sahabat KLiK nantinya akan mendampingi anak dalam melaksanakan kelas literasi kreatif di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Shirli menjelaskan, KLiK merupakan konsep implementatif aktivitas multiliterasi yang dikemas kreatif dan menyenangkan. Aktivitas KLiK mengacu pada panduan Modul KLiK yang kemudian dipraktikkan pada anak di jenjang PAUD dan SD.

“Tujuan diselenggarakannya KliK yakni mendorong keterlibatan guru, orang tua, dan penggiat literasi dalam melaksanakan dan menciptakan aktivitas literasi yang dikemas dalam pembelajaran kreatif dan menyenangkan,” kata Shirli.

Selain itu, lanjutnya, memperkaya referensi aktivitas literasi yang kreatif dan bermakna, serta mendorong kreativitas penggiat literasi dalam menciptakan ragam aktivitas literasi menyenangkan dengan menggunakan metode LiTeRaSi ala SLI.

“Sebisa mungkin, kami memfasilitasi Sahabat KliK mendapatkan pelatihan eksklusif terkait kelas literasi kreatif dan mendapatkan ruang untuk mengembangkan kepakaran dalam bidang literasi,” tuturnya.

BACA JUGA  LPI Dompet Dhuafa Siap BerkolaborAksi Lebih Luas

LEAVE A REPLY