Ilustrasi sedekah. (Foto: SHUTTERSTOCK.COM)

ZNEWS.ID JAKARTA – Merasa resah dan gelisah tanpa mengetahui penyebabnya adalah pengalaman yang tidak menyenangkan. Terutama jika perasaan itu terus menghantui seperti bayangan yang selalu mengikuti kita ke mana pun.

Namun, tahukah kamu bahwa salah satu cara untuk menghilangkan kegelisahan adalah dengan bersedekah? Ketika hati dilanda kegelisahan, segera keluarkan sedekah sesuai dengan harta yang kita miliki.

Insyaallah, rasa galau, resah, dan gelisah akan hilang. Berikut beberapa alasan mengapa sedekah dapat menghilangkan kegelisahan:

  • Bersedekah Berarti Bersyukur

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumatkan, Jika kamu bersyukur akan karuniaKu, pasti Aku tambah nikmat untukmu, jika kamu ingkar, sesungguhnya azabKu sangat pedih.” (QS Ibrahim: 7)

Mungkin rasa gelisah disebabkan oleh hak orang miskin atau kerabat yatim yang belum kita tunaikan, yang menunjukkan pengingkaran terhadap nikmat Allah.

Karena itu, Allah memberikan rasa waswas: “Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tentram, rezekinya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari nikmat-nikmat Allah; karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat.” (QS An Nahl: 112)

  • Sedekah Cara Kita Mengamalkan Perintah Allah

Setiap amal kebaikan dapat dikategorikan sebagai sedekah. Tidak hanya memberi uang, senyum, tausiyah, dan mencegah diri dari berbuat zalim juga termasuk sedekah. Sedekah adalah cara untuk mengaplikasikan perintah Allah dalam Al-Qur’an, dan bagi yang melakukannya akan merasa tenang.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Gulirkan Pos Mudik Ramah Keluarga di Terminal Pulo Gebang

LEAVE A REPLY