Herdianto, salah satu penerima manfaat DD Farm Solok Sirukam, bahagia bisa turut berkontribusi membantu korban galodo Sumbar meski hanya dengan merawat sapi. (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID SOLOK – Siang itu, di Nagari Sirukam, Solok, Sumatra Barat, tampak seorang lelaki membawa dua karung berisi rumput–pakan sapi, melaju dengan motornya menuju kandang DD Farm Solok Sirukam. Setibanya di kandang, ia tergopoh-gopoh sembari memberi makan ketiga sapinya.

Herdianto (44), kembali melakukan rutinitasnya mengurus sapi-sapi untuk persiapan Program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa. Aktivitasnya dimulai dengan memberi pakan sapi, membersihkan kotoran sapi, memandikan sekaligus membersihkan kandang sapi.

Siapa yang menyangka, tahun ini adalah tahun kedua Herdianto tergabung di DD Farm Solok Sirukam, ia memang passionate di bidang peternakan. Sebelumnya, Herdianto merupakan seorang peternak ayam broiler.

Melihat potensi yang menggiurkan di program THK, ia lantas mengabdikan hidupnya untuk memelihara dan membesarkan sapi-sapi dengan penuh ketelatenan.

“Saya tau dari bapak jorong (RT) dan masyarakat sekitar sini, dulu kerja sebelum di peternakan DD Farm ini, kita memelihara ayam broiler, kalau sekarang karena ada program di DD dan nampaknya bagus, bisa memberdayakan masyarakat, ya, kita ditawari dengan SOP dan standarnya, programnya bagus kita bergabung,” ungkap Herdianto.

Pada Kamis (17/5/2024), saat tim Dompet Dhuafa menjumpai dirinya, ia tengah sibuk mengeruk kotoran sapi. Selain mengurus tiga sapi miliknya, ia juga dititipkan amanah mengurus tiga sapi milik sang kakak ipar, karena salah satu anggota keluarganya sedang sakit.

Sebagai peternak, Herdianto bertanggung jawab atas kesehatan para hewan ternak. Saat ini ada sekitar 10 peternak di DD farm Solok Sirukam dengan total sapi sebanyak 21 ekor. Alhamdulillah, di tangan mereka, sapi-sapi tumbuh sehat dan kuat, bahkan bobot sapi mencapai lebih dari 250 kg.

Mereka (peternak) adalah sosok yang bangun sebelum fajar dan bekerja hingga senja, memastikan sapi-sapi mereka mendapatkan perawatan terbaik dan tumbuh dengan sehat. Termasuk Herdianto, ia tidak hanya bekerja untuk hari ini, tetapi juga menanam benih keberlanjutan untuk masa depan.

BACA JUGA  THK Dompet Dhuafa Hadir di Adonara, Wilayah Muslim Terpadat di Flores Timur

THK menjadi pilar penting dan harapan bagi para peternak lokal. Melalui program THK Dompet Dhuafa, para peternak dapat memanen hewan ternak mereka, sehingga mampu meningkatkan perekonomian dan menggerakkan roda kehidupan mereka.

LEAVE A REPLY