Forum Zakat (FOZ) memfasilitasi kolaborasi Close Loop (hulu ke hilir) antara PT Karya Masyarakat Mandiri (KMM), unit usaha dari Dompet Dhuafa, dan YBM BRILiaN untuk pengadaan beras pada program ATM Beras. (Foto: FOZ)

ZNEWS.ID JAKARTA – Forum Zakat (FOZ) memfasilitasi kolaborasi Close Loop (hulu ke hilir) antara PT Karya Masyarakat Mandiri (KMM), unit usaha dari Dompet Dhuafa, dan YBM BRILiaN untuk pengadaan beras pada program ATM Beras.

Direktur Eksekutif FOZ, Agus Budiyanto, menjelaskan bahwa pihaknya mempertemukan produk pemberdayaan OPZ (Organisasi Pengelola Zakat) yang pada proses produksinya melibatkan mustahik, dengan pasar, yaitu unit layanan yang dimiliki OPZ.

“Pada kolaborasi senilai lebih dari Rp388 juta ini, KMM Dompet Dhuafa punya beras berkualitas yang diproduksi lewat program pemberdayaan di Cianjur, kami hubungkan dengan program ATM Beras yang tentunya butuh beras untuk didistribusikan,” jelas Agus, usai penandatanganan kerja sama multipihak di Masjid Birrul Amin, Cipete, Jakarta, Jumat (18/8/2023).

Lebih lanjut, Agus menuturkan bahwa 200 OPZ yang bernaung di asosiasi memiliki berbagai program, mulai dari pemberdayaan produktif di berbagai sektor.

“Dari program tersebut, banyak komoditas yang dihasilkan, baik barang atau jasa, mulai dari beras, kopi, gula, ternak unggas, daging, telur, ikan, pakaian, kerajinan tangan, dan bahkan program pembinaan seperti ustaz dan guru tahsin yang siap disebarkan ke berbagai pelosok Indonesia,” tuturnya.

“Pada saat yang sama, ada juga program lembaga yang bersifat charity dan unit layanan seperti ATM Beras, makan gratis, layanan tahsin tahfiz, panti asuhan, pesantren dan unit penanganan bencana,” lanjutnya

Agus berharap, produk hasil pemberdayaan mustahik diserap oleh program OPZ lain yang membutuhkan sebagaimana yang saat ini dilakukan Dompet Dhuafa dan YBM BRILiaN.

“Tentunya, kami pastikan kualitas tinggi, sehingga siap kita fasilitasi untuk masuk pasar ritel dan luar negeri,” tegasnya.

BACA JUGA  Sasar Mahasiswa, FOZ Hadirkan Zakat Goes to Campus di Uniyap Jayapura

LEAVE A REPLY