Masjid Bani Salim Al Jumah. (Foto: Arab News)

ZNEWS.ID MADINAH – Masjid ini memiliki kubah berdiameter sekitar 14 meter dengan ornamen kaligrafi sepanjang 44 meter, yang memuat tulisan basmalah dan ayat 11 dari surah Jumuah.

Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Jumat, yang menandai tempat Nabi Muhammad SAW pertama kali melaksanakan salat Jumat setelah empat hari berada di Madinah.

Selain itu, masjid ini dikenal dengan beberapa nama lain, yaitu Masjid Banī Salim, Masjid Al-Wadi, Masjid Al-Qubayb, dan Masjid ʿAtika. Letaknya berada di jalan Masjid Al Jumah, dekat Wadi Ranuna’, sekitar 900 meter di utara Masjid Quba dan 6 kilometer di selatan Al-Masjid an-Nabawi.

Saat Nabi Muhammad SAW dan kaum Muhajirin bermigrasi dari Makkah ke Madinah pada Senin 12 Rabi’ al-Awwal Tahun 1 Hijriah, mereka singgah di Quba selama empat hari.

Pada pagi hari Jumat, mereka melanjutkan perjalanan ke Madinah dan singgah di kawasan Wadi Ranuna. Di tempat ini, saat waktu salat Zuhur tiba, Nabi Muhammad SAW melaksanakan salat dua rakaat yang didahului dengan dua khotbah.

Ini adalah salat Jumat berjemaah pertama yang dilaksanakan oleh Nabi SAW. Wilayah ini sekarang dikenal sebagai Jumuah.

Aswadi Syuhadak, Guru Besar Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya, menjelaskan bahwa lokasi Masjid Jumuah dulunya adalah perkampungan tempat berkumpulnya banyak orang.

BACA JUGA  Bahaya Memutus Silaturahmi, Sumber Dosa hingga Jauh dari Surga

LEAVE A REPLY