Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Papua mengadakan kegiatan Edukasi Kanker Serviks dan Payudara di Kawasan Sehat, Kecamatan Arso, Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (13/12/2023). (Foto: LKC DD Papua)

ZNEWS.ID KEEROM – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Papua mengadakan kegiatan edukasi di Kawasan Sehat, Kecamatan Arso, Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (13/12/2023).

Kegiatan dengan tema Edukasi Kanker Serviks dan Kanker Payudara tersebut diikuti oleh 51 jiwa warga sekitar. Sasaran dari kegiatan ini adalah wanita usia subur di rentang usia 15-49 tahun.

“Edukasi kanker serviks dan payudara merupakan langkah awal untuk mendeteksi dini kanker. Melalui edukasi ini, diharapkan perempuan mampu memahami gejala-gejala awal kanker serviks dan payudara,” ujar Aisah, Penanggung Jawab Program Kawasan Sehat LKC Dompet Dhuafa Papua.

Materi edukasi yang diberikan berupa pemahaman tentang kanker serviks dan kanker payudara, sserta pentingnya Sadanis (Pemeriksaan Payudara secara Klinis) yang dilakukan oleh tenaga kesehatan.

Senin (18/12/2023), LKC Dompet Dhuafa Papua melaksanakan pemeriksaan Sadanis dan IVA Test (Inspeksi Visual Asam Asetat).

Tes Sadanis merupakan deteksi dini untuk kanker payudara dan Tes IVA merupakan pemeriksaan untuk deteksi dini kanker serviks. Pemeriksaan Tes IVA dengan melihat kelainan setelah mengoleskan larutan asam asetat (asam cuka 3-5%). (LKC DD)

BACA JUGA  Puluhan Jurnalis Siap Siaga Hadapi Bencana Perkotaan di Musim Hujan

LEAVE A REPLY