Petugas berjibaku mengevakuasi korban gempa bumi Maroko. (Foto: FADEL SENNA/AFP)

ZNEWS.ID MARRAKESH – Gempa berkekuatan magnitudo 6,8 mengguncang Marrakesh, Maroko, Jumat (8/9/2023) malam, waktu setempat. Pusat gempa berada di High Atlas, 71 km di barat daya Marrakesh (kota dengan status warisan dunia yang populer di kalangan wisatawan). Getaran gempa juga terasa di Ibu Kota Rabat, sekitar 350 km jauhnya, serta Casablanca, Agadir, dan Essaouira.

Musibah memilukan tersebut mencatatkan ribuan korban. Menurut data yang diterima Tim Dompet Dhuafa di Disaster Management Center (DMC), per Sabtu (9/9/2023) malam, tercatat ada 2.012 warga meninggal dunia dan 2.059 luka-luka. Catatan tersebut membuat Pemerintah Maroko menetapkan tiga hari berkabung nasional.

Mendapatkan kabar tersebut, relawan Dompet Dhuafa melalui DMC Dompet Dhuafa langsung membuat langkah strategis untuk menggulirkan respons cepat. Asesmen menjadi langkah awal Dompet Dhuafa, dengan menerjunkan relawan setempat dan juga mengaktivasi jaringan lembaga kemanusiaan lokal.

“Ini kabar yang menorehkan duka mendalam bagi kita semua. Di mana gempa besar mengguncang saudara kita di Maroko, dan menewaskan ribuan jiwa. Kami dari keluarga besar Dompet Dhuafa menyampaikan duka cita mendalam untuk saudara kita di Maroko,” tutur Prima Hadi Putra, Direktur Komunikasi dan Teknologi Dompet Dhuafa di Jakarta, Minggu (10/9/2023).

“Tentu, tim kemanusiaan kami di DMC Dompet Dhuafa akan segera membuat langkah strategis menghadirkan bantuan untuk penyintas gempa di Maroko,” lanjutnya.

Koordinasi dengan relawan lokal menjadi langkah utama. Shofa El Quds selaku GM Disaster Risk Reduction DMC Dompet Dhuafa telah terhubung dengan jaringan lembaga kemanusiaan lokal yang sudah bergerak ke lokasi kejadian. Sehingga, dengan cepat akan diterima data di lapangan terkait kebutuhan mendesak di Marrakesh, Maroko.

“Sejak semalam kami terus menjalin komunikasi dengan relawan lokal di sana. Alhamdulillah, sudah terhubung dengan tim lokal yang dulu bersama-sama juga dalam aksi respons Gempa Turki. Setidaknya data awal sudah kami dapatkan, dan menunggu hasil asesmen lanjutan untuk menentukan respons cepat dari Dompet Dhuafa,” ujarnya.

BACA JUGA  Ragam Bantuan Dompet Dhuafa untuk Penyintas Erupsi Gunung Ruang

“Logistik dan relawan di sini sudah mulai kami siapkan, sambil menjalin komunikasi baik dengan relawan lokal maupun pemerintah, sehingga bantuan dari Indonesia dapat bergulir dengan maksimal,” lanjut Shofa.

Mengingat pusat gempa berada di pegunungan, akses yang tak mudah tentu menjadi tantangan para relawan. Mari kirimkan doa dan bantuan terbaik untuk saudara kita penyintas Gempa Maroko. Salurkan bantuan Anda melalui link berikut: https://digital.dompetdhuafa.org/donasi/gempamaroko

Oleh: Taufan YN

LEAVE A REPLY