Tim DMC Dompet Dhuafa bertemu dengan Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman, untuk melakukan koordinasi lantaran Ternate menjadi lokasi sasaran aksi VWS, Selasa (5/9/2023). (Foto: DMC DD/BRQ)

ZNEWS.ID TERNATE  – Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) dan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa akan mengadakan kegiatan aksi bersih dengan nama Voluntrip Waste Summit (VWS) di delapan titik wilayah Indonesia yang terdiri dari jalur pendakian gunung, pantai, sungai dan hutan di perbatasan daerah.

Brand audit sampah sendiri adalah proses pemilahan sampah berdasarkan produsen atau merek dari sampah-sampah tersebut.

“Kegiatan Voluntrip Waste Summit (VWS) bergerak pada isu lingkungan terkait dengan sampah plastik baik itu di gunung atau di pantai,” ujar Ahmad Baihaqi selaku Community Resilience and Advocacy Manager DMC Dompet Dhuafa.

Baihaqi menjelaskan, data yang dihasilkan dari kegiatan brand audit sampah, nantinya dapat menjadi pendorong bagi perusahan-perusahaan pelaku usaha yang berkontribusi menghasilkan sampah plastik untuk ikut bekerja sama dan bertanggung jawab dalam menanggulangi sampah plastik yang terdapat di area-area wisata.

Sebelumnya, Selasa (5/9/2023) tim DMC Dompet Dhuafa bertemu dengan Tauhid Soleman, Wali Kota Ternate. Tujuan pertemuan ini adalah untuk melakukan koordinasi dengan pihak Kota Ternate lantaran menjadi lokasi sasaran aksi VWS.

“Selain itu, kegiatan ini juga untuk menggaungkan semangat kolaborasi lintas sektor baik pemerintah, mitra-mitra usaha, kelompok atau komunitas penggiat lokal dalam upaya pengelolaan sampah, sebagai bentuk kontribusi positif untuk lingkungan berkelanjutan,” lanjut Baihaqi.

Tauhid Soleman menyambut baik kunjungan dari DMC Dompet Dhuafa. Tim DMC Dompet Dhuafa bertemu langsung di kediaman pribadi Tauhid Soleman.

“Kami menyambut baik terkait kegiatan yang akan dilaksanakan oleh DMC Dompet Dhuafa,” ujar Tauhid.

BACA JUGA  Puluhan Guru di Makassar Ikuti Peliatihan Siap Siaga Bencana Karhutla

LEAVE A REPLY