Sekretaris Yayasan Dompet Dhuafa Republika Yayat Supriatna dalam seminar CSV Connect 2023 di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Kamis (31/8/2023). (Foto: ANTARA/M Baqir Idrus Alatas)

ZNEWS.ID JAKARTA – Dompet Dhuafa mengadakan Seminar CSV Connect 2023 di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Kamis (31/8/2023). Seminar ini berfungsi sebagai platform bagi perusahaan untuk berbagi pandangan, pengetahuan, dan pengalaman mengenai cara implementasi CSV dapat memengaruhi strategi bisnis perusahaan serta peran perusahaan dalam mendukung kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitar.

Yayat Supriatna, Sekretaris Yayasan Dompet Dhuafa Republika, menyatakan bahwa Dompet Dhuafa telah berhasil melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Creating Shared Value (CSV).

“Kami bersyukur bahwa Dompet Dhuafa telah mampu menjalankan baik CSR maupun CSV hingga saat ini, dan kami akan terus mengembangkannya. Kami memiliki beragam portofolio dari berbagai perusahaan yang berkontribusi dalam sesi pemaparan. Kami ingin berbagi, itulah sebabnya kami menyelenggarakan acara ini,” ungkapnya dalam seminar CSV Connect 2023.

Yayat menjelaskan bahwa Dompet Dhuafa telah menjadi model bisnis yang melaksanakan CSR sejak 30 tahun terakhir, pada masa ketika konsep ini masih baru.

Setelah mengalami perkembangan, Dompet Dhuafa juga terlibat dalam pemberdayaan di berbagai bidang, seperti membangun rumah sakit, lembaga pendidikan dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga perguruan tinggi, serta mendukung sentra-sentra ternak, pertanian, dan sejenisnya.

“Sebenarnya, kami sudah memasuki fase CSV. Artinya, kami tidak hanya memberdayakan melalui pendistribusian, melainkan juga berfokus pada pemberdayaan yang bertujuan meningkatkan nilai ekonomi dan sosial yang dikerjakan bersama-sama,” kata Yayat.

Menurutnya, konsep CSV masih tergolong asing bagi beberapa orang dan perusahaan.

“CSV sebenarnya bisa dianggap sebagai pengembangan dari saudaranya, yaitu CSR. Meskipun keduanya merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, namun ada perbedaan dalam bentuk dan pelaksanaannya,” tuturnya.

BACA JUGA  Bersama DMI, Dompet Dhuafa Gelar Kolaborasi Masjid Pemberdaya Regional Sulawesi

LEAVE A REPLY