Dompet Dhuafa Yogyakarta dan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa mendistribusikan air bersih ke Dusun Sumur, Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (22/8/2023). (Foto: DMC DD)

ZNEWS.ID GUNUNGKIDUL – Dompet Dhuafa Yogyakarta dan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa mendistribusikan air bersih ke Dusun Sumur, Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (22/8/2023). Sebanyak 33 KK atau sekitar 150 jiwa terbantu dengan hadirnya air bersih ini.

Melalui program Air untuk Kehidupan (AUK) dan berkat uluran tangan dari donatur baik, Dompet Dhuafa mampu menghadirkan air bersih bagi warga terdampak kekeringan di wilayah-wilayah pelosok.

Dusun Sumur di musim kemarau tahun ini telah mengalami kesulitan air sejak Maret 2023. Setiap musim kemarau, warga Dusun Sumur selalu mengalami kekeringan dan harus menunggu bantuan air datang.

Menurut laporan dari tim relawan lapangan Dompet Dhuafa Yogyakarta, saat kesulitan air, warga mengambil di mata air yang jaraknya kurang lebih 1 km. Tetapi debit airnya terbatas.

“Untuk satu bak penampungan penuh, biasanya dimanfaatkan warga hanya untuk 1 minggu. Air dipakai untuk kebutuhan sehari-hari dan ternak,” kata tim Dompet Dhuafa Yogyakarta.

DMC Dompet Dhuafa memberikan bantuan air bersih di bak penampungan RT yang nantinya akan dimanfaatkan atau diambil warga untuk kebutuhan sehari-hari.

“Terima kasih atas bantuan airnya dari Dompet Dhuafa kepada warga kami. Semoga bermanfaat, berkah, dan barokah,” ujar Widiyanti, penerima manfaat.

BACA JUGA  Indofest dan DMC Dompet Dhuafa akan Tanam 3.000 Mangrove di Wilayah Rentan Abrasi

LEAVE A REPLY