Nuraida, penerima beasiswa Almarhamah, Mitra Pengelola Zakat (MPZ) Dompet Dhuafa. (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID TARAKAN – Pagi itu terasa begitu cerah. Cahaya matahari pagi memantulkan kilauan indah di permukaan laut. Persis seperti berlian yang bergerak bebas tersapu ombak. Semilir angin yang sejuk menyempurnakan pagi itu.

Di sana, rumah dibangun bukan di atas tanah sebagimana pada umumnya. Melainkan berdiri di atas laut. Ya, mereka tinggal di atas permukaan laut. Kurang lebih, seperti itulah gambaran tempat tinggal Nuraida (13) dan warga Tarakan, Kalimantan Utara.

Meski kondisinya tak seperti orang pada umumnya, Nuraida sangat menikmati dan bersyukur atas karunia Allah yang luar biasa. Sebagaimana anak-anak seusianya, Nuraida mengisi hari-hari dengan bermain riang dan sesekali bertukar cerita tentang masa depan dan cita-cita.

Akan tetapi, ada momen yang membuat Nuraida bersusah hati dan tidak berdaya. Momen itu adalah ketika teman-teman Nuraida harus pamit untuk pergi belajar ke sekolah yang berada di pesisir. Nuraida hanya bisa menyaksikan teman-temannya berjalan riang menuju sekolah.

“Kapan, ya, aku bisa seperti mereka. Pergi ke sekolah bersama-sama?” ucap Nuraida.

Nuraida, penerima beasiswa Almarhamah, Mitra Pengelola Zakat (MPZ) Dompet Dhuafa. (Foto: Dompet Dhuafa)

Yatim Piatu sejak Kecil

Nuraida menjadi yatim piatu sejak kecil. Ibunya wafat saat dia masih bayi, selang beberapa waktu, ayahnya pun meninggal dunia. Nuraida tumbuh perlahan tanpa kehadiran kedua orang tua. Bahkan, ia sempat mengalami kurang gizi saat masih balita.

Tanggung jawab sebagai orang tua diemban oleh kakek dan bibi Nuraida. Kakek Nuraida banyak memberikan pelajaran tentang kehidupan padanya. Memberikan Nuraida nasihat layaknya seorang bapak kepada anak perempuannya.

Sedangkan sang bibi, memberikan kasih sayang pada masa pertumbuhan Nuraida. Namun, beberapa bulan lalu, kakek Nuraida meninggal dunia. Kesedihan pun menghampiri Nuraida, ia merasa kehilangan.

“Ya, kakek meninggal beberapa bulan lalu. Sekarang tinggal sama bibi,” ungkapnya, Selasa (25/6/2024).

BACA JUGA  Ketika Allah Memberi Lebih dari yang Kuminta

LEAVE A REPLY