Direktur Program Dompet Dhuafa Bambang Suherman menunjukkan kopi Sirukam hasil olahan petani kopi Solok di Padang, Jumat, (18/8/2023). (Foto: ANTARA/Muhammad Zulfikar)

ZNEWS.ID PADANG – Dompet Dhuafa, lembaga yang bergerak di bidang filantropi dan kemanusiaan, memberikan dukungan kepada petani kopi di Desa Sirukam, Solok, Sumatra Barat, dalam usaha untuk memajukan dan mengembangkan sektor hilirisasi kopi di Indonesia.

“Pemberdayaan petani kopi ini sudah dimulai sejak 2019 di Desa Sirukam, Solok,” kata Bambang Suherman, Direktur Program Dompet Dhuafa di Padang, Jumat (18/8/2023).

Di awal tahap pemberdayaan petani kopi, Dompet Dhuafa menghadapi tantangan dalam menghadapi permintaan pasar untuk produk kopi. Mereka berupaya memaksimalkan produksi dan volume kopi.

Meskipun demikian, hasil dari pengembangan perkebunan kopi oleh masyarakat masih menjadi hambatan yang signifikan bagi Dompet Dhuafa dalam pelaksanaan program ini.

Dalam menghadapi situasi tersebut, lembaga ini secara bertahap memperluas hasil kopi hingga meluncurkan program filantropi berupa warung kopi.

Bambang menjelaskan bahwa konsep filantrokopi merupakan bagian dari program “filantropreneur”, yang menggabungkan aspek kewirausahaan yang dikelola secara profesional dengan tetap mempertahankan basis filantropi.

“Program ini merupakan kelanjutan dari upaya hilirisasi yang telah dilakukan selama enam tahun, khususnya dalam pemberdayaan petani kopi di Solok,” katanya.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Hadirkan Layanan Kesehatan Gratis bagi Penyintas Banjir Pakistan

LEAVE A REPLY