Wapres KH Ma’ruf Amin meninjau RS Hasyim Asy’ari, Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, salah satu rumah sakit berbasis wakaf yang digagas Yayasan Dompet Dhuafa dan Pondok Pesantren Tebuireng, Sabtu (4/6/2022). (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID JAKARTA – Dalam sejarah Islam, banyak sekali aset wakaf yang dikembangkan dan terus dipelihara hingga menjadi aset produktif nan bermanfaat bagi banyak orang. Aset tersebut bukan saja berbentuk masjid atau makam sebagaimana yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, namun ada yang berupa rumah sakit, sekolah, hotel, bangunan kebudayaan, asrama pendidikan, dan sebagainya.

Jadi, banyak hal yang bisa dibangun dan dikembangkan dengan dana wakaf. Syaratnya, aset tersebut harus dikelola dengan baik, profesional, dan tidak boleh dilepas atau dijual kembali, karena itu tercatat sebagai milik umat.

“Ketika berwakaf sudah jadi bagian dari peradaban, insyaallah akan jadi instrumen ekonomi yang abadi untuk masyarakat. Karena perolehannya dilakukan secara gotong royong, penyalurannya dilakukan secara gotong royong. Dari masyarakat dan untuk masyarakat,” sebut Bobby Manulang, GM Wakaf Dompet Dhuafa.

Seperti halnya Dompet Dhuafa yang turut bekerja sama dengan keluarga besar Pesantren KH Hasyim Asy’ari Tebuireng untuk mendirikan Rumah Sakit Hasyim Asy’ari di Jombang, Jawa Timur. Inisiasi pembangunan rumah sakit ini bermula dari kunjungan pertama (Alm) Salahuddin Wahid (Gus Sholah) ke Rumah Sehat Terpadu (RST) Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa di Bogor pada 20 April 2017 silam.

Kunjungan pertama (Alm) Salahuddin Wahid (Gus Sholah) ke Rumah Sehat Terpadu (RST) Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa di Bogor pada 20 April 2017 silam. (Foto: Dompet Dhuafa)

Gus Sholah Bertandang ke RST Dompet Dhuafa

Dalam kunjunganya, Kiai yang akrab disapa Gus Sholah itu menyambangi penjuru rumah sakit, bahkan sering kali berinteraksi dengan para penerima manfaatnya. Melihat senyum hangat dan semangat membantu dari tim medis, almarhum Gus Sholah memantapkan hatinya untuk bekerja sama dengan Dompet Dhuafa untuk membangun rumah sakit berbasis wakaf.

Interaksi Dompet Dhuafa bersama Gus Sholah ini sudah yang kesekian kalinya hingga akhirnya Gus Sholah menggandeng Dompet Dhuafa untuk mengadaptasi konsep rumah sakit berbasis wakaf di Kawasan Pesantren Tebuireng, Jombang. Beberapa bulan setelah kunjungannya, keluarga besar KH Hasyim Asy’ari memutuskan untuk mewakafkan sebidang tanah seluas satu hektare.

BACA JUGA  Gus Sholah Ingin RS Hasyim Asy’ari Segera Terwujud

Alhamdulillah, satu tahun kemudian, kolaborAksi baik itu terwujud. Simbolis peletakkan batu pertama pembangunan RS Hasyim Asy’ari digelar pada 19 September 2018. Rumah Sakit ini nantinya memiliki kapasitas daya tampung sebanyak 100 tempat tidur. Selain itu, layanan lainnya yang dibuka ialah layanan umum dengan layanan unggulan hemodialisis.

LEAVE A REPLY