BATANG – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 49 rumah rusak akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo (M)4,4 di wilayah Kabupaten Batang dan sekitarnya, Minggu (7/7/2024).

“Menurut data yang dihimpun per Senin (8/7/2024), sedikitnya ada 49 unit rumah rusak termasuk 11 fasilitas umum di wilayah Kabupaten Batang,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Senin (8/7/2024).

Adapun rinciannya meliputi 5 rumah rusak berat, 12 rumah rusak sedang dan 32 rumah rusak ringan. Sementara itu fasilitas umum yang rusak terdiri dari 1 tempat ibadah, 3 sekolah, 1 pasar dan bangunan lain 1 unit.

Kerusakan bangunan juga dilaporkan dari wilayah Kota Pekalongan. Ada 2 unit rumah warga di Kelurahan Gamer, Kota Pekalongan turut terdampak dari gempabumi yang berpusat di 6.87 LS dan 109.75 BT.

Abdul Muhari mengatakan gempa bumi dangkal dengan kedalaman 6 kilometer itu juga menyebabkan 12 warga di Kabupaten Batang mengalami luka setelah tertimpa reruntuhan bangunan.

“Adapun 11 warga telah mendapatkan perawatan intensif dan saat ini sudah kembali ke rumah masing-masing, sedangkan seorang warga lainnya masih dalam observasi kesehatan,” katanya.

BACA JUGA  Data Sementara Kerusakan Gempa Batang

LEAVE A REPLY