Ilustrasi Makanan yang Bisa Bikin Kamu Bahagia. (Foto: Thinkstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Ahli gizi mengungkapkan bahwa konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan rasa lesu dan kelelahan. Sebaliknya, mengonsumsi biji labu, ikan berlemak, alpukat, jeruk, sayuran berdaun hijau tua, dan coklat hitam dapat meningkatkan semangat.

“Diet seimbang secara keseluruhan yang mengandung banyak makanan padat nutrisi mungkin yang terbaik untuk kesehatan mental,” kata ahli gizi Christine Byrne, pemilik Ruby Oak Nutrition di Raleigh, NC, seperti dilansir dari New York Post.

Byrne dan Michelle Routhenstein, ahli gizi kardiologi preventif dari Entirely Nourished, merekomendasikan makanan yang dapat meningkatkan hormon perasaan senang seperti serotonin dan dopamin.

1. Biji Labu

Routhenstein merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 1 ons biji labu beberapa kali seminggu dengan menaburkannya di atas salad, yogurt, atau oatmeal atau memasangkannya dengan jeruk.

Satu ons biji labu kuning mengandung 163 miligram triptofan dan Organisasi Kesehatan Dunia menetapkan 4 miligram per kilogram berat badan sebagai asupan triptofan harian yang direkomendasikan.

“Biji labu adalah sumber triptofan, asam amino yang mendukung pengaturan suasana hati dengan membantu produksi serotonin, neurotransmitter yang terkait dengan perasaan senang,” kata Routhenstein kepada Yahoo Life.

Berdasarkan studi tahun 2020, biji labu terbukti membantu mengurangi risiko penyakit jantung, hipertensi, radang sendi, gangguan terkait autoimun, dan kanker.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Gelar Pelatihan Pemulasaraan Jenazah di Kepulauan Seribu

LEAVE A REPLY