JAKARTA – Calon ibu, tahukah Anda jika salah satu zat yang paling banyak dibutuhkan oleh ibu dan bayi selama 1000 Hari Pertama Kehidupan adalah zat besi, dan bisa didapatkan dari tablet tambah darah.

Bahkan umumnya, ibu hamil atau bumil membutuhkan kandungan 800 mg zat besi setiap harinya. Sekitar 500 mg dibutuhkan untuk menambah massa hemoglobin maternal, dan sisanya untuk tumbuh kembang si janin.

Namun jika mengandalkan konsumsi pangan sehari-hari, per 100 kalori makanan ibu hamil hanya menghasilkan 8-10 mg zat besi setiap hari, dan tentunya masih jauh dengan kebutuhan dasarIbu dan bayi.

Karenanya, cara yang banyak ditempuh agar kebutuhan zat besi harian Ibu terpenuhi adalah dengan mengonsumsi TTD (Tablet Tambah Darah). Namun ada sejumlah asumsi yang mengatakan jika TTD membuat bayi tumbuh terlalu besar sehingga terjadi proses persalinan yang sulit. Benarkah demikian?

Dilansir dalam laman resmi Kemenkes, pakar medis sepakat bahwa hingga saat ini belum ada bukti ilmiah bahwa meminum TTD secara rutin membuat bayi tumbuh terlalu besar dan mempersulit persalinan.

Mitos ini berkembang dari mulut ke mulut bahwa mengonsumsi TTD akan membuat produksi darah ibu melebihi kapasitas sehingga memengaruhi ukuran janin. Nyatanya, ini tidak bisa dibuktikan secara medis. Adapun kejadian bayi tumbuh di luar normal memang kerap terjadi, tetapi penyebabnya bukan konsumsi TTD.

Justru konsumsi TTD wajib bagi para ibu yang mendambakan kesehatan bagi diri sendiri maupun buah hati agar tumbuh sehat dan cerdas. Konsumsi TTD rutin dan teratur bisa membawa manfaat-manfaat positif diantaranya memperkuat plasenta rahim, mencegah anemia pada bayi, dan mengurangi risiko pendarahan saat persalinan.

BACA JUGA  Cegah Preeklamsia, Ibu Hamil Disarankan Diet Rendah Garam

LEAVE A REPLY