Ilustrasi anak gondongan. (Foto: freepik/peoplecreation)

ZNEWS.ID JAKARTA – Blau atau bulao sering menjadi alternatif untuk mengobati penyakit gondongan, baik pada anak-anak maupun dewasa.

Gondongan adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi ini menyerang kelenjar parotis—kelenjar yang memproduksi air liur—dan menyebabkan pembengkakan.

Pengobatan tradisional biasanya dilakukan dengan mengoleskan bulao pada leher yang bengkak akibat gondongan. Bulao yang berbentuk batang berwarna biru ini biasanya dibasahi dengan air dingin terlebih dahulu, lalu dioleskan dan dibiarkan semalaman atau seharian.

Namun, pertanyaannya adalah apakah benar blau atau bulao ini efektif untuk mengobati gondongan?

Dokter spesialis anak lulusan Universitas Gajah Mada, dr. Fitria Mahrunnisa, Sp.A, meluruskan mitos yang berkembang di masyarakat bahwa penggunaan blau atau sabun cuci baju tidak bisa mengobati gondongan pada anak.

“Itu hanya mitos. Pemakaian blau tidak bisa mengurangi bengkak gondongan atau menyembuhkan mumps,” kata Fitria, dilansir dari Antara.

Dia menjelaskan bahwa penggunaan blau pada zaman dulu mungkin memberikan efek seperti kompres dingin untuk memberikan rasa nyaman dari nyeri gondongan.

BACA JUGA  Ratusan Lampion Hiasi Malam Puncak Waisak 2568 BE di Borobudur

LEAVE A REPLY