PT Unilever Indonesia Tbk meluncurkan rangkaian produk perawatan rumah terbarunya bernama Sahaja, Selasa (28/4/2020). (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID JAKARTA — PT Unilever Indonesia Tbk meluncurkan rangkaian produk perawatan rumah terbarunya bernama Sahaja, Selasa (28/4/2020). Produk ini mengedepankan pentingnya niat untuk “Menjadikan Rumah Bersih Higienis Penuh Makna”.

Dengan Sahaja, masyarakat dapat mentransformasi kegiatan membersihkan rumah menjadi suatu bentuk ibadah yang sarat dengan nilai-nilai keislaman dan kebaikan.

Salah satunya melalui program sedekah yang dilakukan bersama Dompet Dhuafa, untuk meningkatkan status kesehatan kaum dhuafa di berbagai wilayah Indonesia.

Yuliana Safriani, selaku Senior Brand Manager Sahaja, PT Unilever Indonesia Tbk, menyampaikan bahwa setiap keluarga pastinya ingin mewujudkan rumah sebagai surga atau ‘Baiti Jannati’; tempat yang dapat menjadi ladang pahala dengan melakukan berbagai kebaikan guna mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Mewujudkan Baiti Jannati, kata Yuliana, dapat diawali dengan menjaga kebersihan rumah. Selain karena kebersihan adalah hal yang dicintai Allah SWT, rumah yang bersih tidak hanya membebaskan keluarga dari risiko penyakit dan hidup dengan nyaman, juga meningkatkan kualitas amal ibadah di rumah.

Terlebih, di tengah kondisi seperti saat ini, di mana seluruh anggota keluarga sangat dianjurkan untuk tinggal di rumah. Menciptakan Baiti Jannati melalui kebersihan rumah menjadi semakin bermakna. Karena, faktanya rumah yang bersih adalah tempat beribadah dan berlindung yang paling aman dari berbagai ancaman penyakit.

“Untuk mengajak masyarakat ‘Menjadikan Rumah Bersih Higienis Penuh Makna’, Unilever Indonesia meluncurkan Sahaja. Dengan mengusung pesan #NawaituSahaja, kami ingin mengajak masyarakat untuk mentransformasi niat membersihkan rumah menjadi suatu hal yang penuh makna – sesuai dengan nilai-nilai yang dikedepankan dalam agama Islam,” kata Yuliana.

Nilai-nilai tersebut, lanjutnya, tertuang dalam “4 Pilar Kebaikan” yang dimiliki Sahaja, yaitu pertama, berbagi untuk sesama; untuk setiap pembelian produk Sahaja, konsumen otomatis menyedekahkan 2,5 persen dari penjualan bersih produk untuk mereka yang membutuhkan.

BACA JUGA  Usai Diresmikan, RS Hasyim Asy’ari Fokus pada Pemberdayaan Lintas Sektor

Kedua, ramah lingkungan; mengandung bahan‐bahan aktif yang ramah lingkungan karena dibuat menggunakan sumber yang berkelanjutan dan mudah terurai.

Ketiga, sesuai untuk keluarga; seluruh bahan yang dipergunakan dalam pembuatan Sahaja terbukti aman bagi kesehatan seluruh anggota keluarga.

Keempat, diproduksi secara halal; menggunakan bahan‐bahan yang 100 persen halal, di tempat produksi yang telah memiliki sertifikasi halal pula.

Bekerja sama dengan Dompet Dhuafa, sedekah yang terkumpul dari 2,5 persen penjualan bersih setiap produk Sahaja akan dikumpulkan dan disalurkan secara berkala untuk membantu kesuksesan “Pos Sehat Sahaja”.

General Manager Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa, dr Yeni Purnamasari MKM, menerangkan bahwa jumlah penduduk miskin di Indonesia pada Maret 2019 terhitung sebanyak 25,14 juta orang, sementara kebanyakan dari mereka belum memiliki akses ke pelayanan kesehatan.

“Untuk menjembatani kesenjangan tersebut, kami menginisiasi program ’Pos Sehat’ sejak tahun 2004, sebagai upaya pemberdayaan kesehatan masyarakat miskin, terutama melalui upaya promotif dan preventif,” kata Yeni.

Hingga kini, ‘Pos Sehat’ telah mencapai 71 unit, namun jumlah tersebut tentu masih jauh dari kebutuhan. Bersama Sahaja, Dompet Dhuafa akan membangun sedikitnya 10 (sepuluh) unit ‘Pos Sehat Sahaja’ di berbagai wilayah Indonesia hingga 2021 nanti.

“Insyaallah, niat baik ini dapat terwujud berkat dukungan semua pihak, terutama para konsumen yang diajak untuk ikut ber-sedekah,” terangnya.

Harapan tersebut disambut baik oleh Ria Miranda, seorang perancang busana muslim sekaligus ibu dari tiga orang anak. Baginya, Sahaja adalah terobosan baru yang memiliki begitu banyak keunggulan di saat sekarang ini.

“Tambah lagi ada kesempatan bersedekah melalui pembelian produknya. Ini beneran tujuan mulia yang sangat patut didukung. Makanya, senang sekali bahwa niat sesederhana membersihkan rumah kini dapat bertransformasi menjadi gaya hidup baru dengan ada nilai ibadah yang membawa banyak makna kebaikan,” katanya.

BACA JUGA  Peduli Kemanusiaan, Deca Group Donasi untuk Palestina Rp120 Juta

Berkaitan hal tersebut, Ustazah Aini Aryani LC memberikan komentarnya. Menurutnya, dalam Islam, niat adalah hal yang membedakan antara ibadah dengan kebiasaan.

Artinya, dengan niat yang tulus untuk beribadah, segala sesuatu yang dilakukan sehari‐hari, bahkan yang paling sederhana sekalipun, dapat menjadi bentuk amalan yang membantu kita untuk menjadi manusia yang lebih baik.

“Niat membersihkan rumah, dapat menjadi berkah yang berlipat ganda jika di saat yang sama kita mampu memberikan kebaikan pada diri sendiri, keluarga, lingkungan, terlebih lagi sesama yang membutuhkan,” kata Aini.

Oleh: Bani, Fatzry
Editor: Agus Wahyudi

LEAVE A REPLY