Ilustrasi silaturahmi. (Foto: id.depositphotos.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Manusia secara alami saling membutuhkan, oleh karena itu disebut sebagai makhluk sosial. Kehidupan tidak dapat dijalankan sendiri, melainkan memerlukan keterlibatan dengan sesama.

Selain menjalankan kewajiban menjaga hubungan dengan Allah (Hablum Minallah) dengan mematuhi perintah dan menjauhi larangan-Nya, manusia juga diperintahkan untuk memelihara hubungan dengan sesama manusia (Hablum Minannas).

Setiap perintah Allah memiliki makna dan alasan yang mengarah pada kebaikan pribadi. Salah satunya adalah menjaga tali silaturahmi, yang mencakup berbuat baik kepada kerabat sesuai syariat Islam.

Memutuskan silaturahmi dapat mengakibatkan konsekuensi buruk. Berikut ini enam bahaya memutuskan tali silaturahmi:

  • Tidak Dirahmati oleh Allah SWT

Rahmat Allah adalah anugerah terbesar yang dikaruniakan kepada seseorang. Apabila rahmat itu hilang, rugilah orang tersebut.

Terputusnya rahmat tidak hanya dirasakan oleh orang-orang yang memutus tali silaturahmi, tapi juga secara lingkup komunalnya.

Telah ditegaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadisnya, “Sesungguhnya rahmat Allah tidaklah turun pada suatu kaum yang di antara mereka terdapat orang yang memutuskan tali silaturahmi.” (HR Bukhari: 63)

BACA JUGA  Dompet Dhuafa dan Tokopedia Bagikan Ratusan Paket Makanan untuk Guru dan Siswa

LEAVE A REPLY