Ilustrasi: Cek tekanan ban mobil. (Foto: thingsautos.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Ban mobil dan sepeda motor dibuat dari bahan karet yang memiliki titik putus, mirip dengan balon. Ketika terpapar suhu sangat panas, udara di dalam ban akan terus mengembang hingga mencapai titik putus, yang bisa berakibat pada meledaknya ban.

Namun, tidak perlu terlalu khawatir, dengan perawatan yang tepat, kita dapat mencegah terjadinya meledaknya ban saat cuaca panas ekstrem. Berikut adalah enam cara untuk mencegah meledaknya ban saat cuaca ekstrem:

1. Perhatikan Tekanan Angin pada Ban

Periksalah tekanan angin ban secara rutin, setidaknya seminggu sekali. Dan, pastikan tekanan setiap ban berkisar antara 30 hingga 35 psi untuk meminimalkan risiko ban meledak akibat cuaca ekstrem.

Tekanan angin pada ban yang terlalu tinggi akan membuat ban lebih mudah meledak ketika terpapar cuaca panas ekstrem dalam waktu tertentu.

2. Jaga Berat Muatan

Sebagaimana kebanyakan alat angkut, ban mobil juga memiliki batas muat maksimum. Ban juga memiliki batas tekanan tertinggi yang bisa ditampung, sehingga ia bisa bergerak dengan lancar di jalan.

Ketika Snda membawa terlalu banyak barang berat di mobil maupun sepeda motor, tekanan ban juga akan meningkat. Akibatnya, risiko ban meledak tinggi ketika permukaan karetnya bergesekan dengan aspal panas pada siang hari.

Oleh karena itu, cek kembali kapasitas maksimum kendaraan pada buku manual dan usahakan jangan mengangkut terlalu banyak beban berat.

BACA JUGA  Mobil Mogok saat Mudik, Jangan Panik! Ini yang Harus Kamu lakukan

LEAVE A REPLY