Ilustrasi obesitas. (Foto: SHUTTERSTOCK)

ZNEWS.ID JAKARTA – Obesitas adalah penimbunan lemak berlebih pada tubuh seseorang, baik dewasa maupun anak-anak. Anak-anak yang menderita obesitas parah sering mengalami komplikasi serius yang menyebabkan kakinya berbentuk “X” atau “O”.

Namun, ada kesalahpahaman yang sering terjadi di mana anak yang kelebihan berat badan (overweight) dianggap mengalami obesitas.

Untuk memastikan kondisi ini, orang tua disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

“Jadi hati-hati, jika hanya mengandalkan tanda klinis sering terlewat. Oleh karena itu, kita harus obyektif karena overweight belum tentu obesitas,” ujar ahli Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak FKUI Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr dr Klara Yuliarti SpA(K).

Klara juga menjelaskan ciri-ciri anak yang mengalami obesitas, seperti perut besar, wajah bulat, dan dagu tebal.

“Tanda khususnya, anak memiliki wajah bulat, dagu tebal, dan perut yang sangat buncit. Selain itu, payudara anak terlihat membesar,” kata Klara dilansir dari Antara.

Klara menambahkan, kasus obesitas saat ini sebagian besar disebabkan oleh faktor gaya hidup dan nutrisi, bukan kelainan genetik.

BACA JUGA  Kiat Membuat Anak Semangat Menjalankan Puasa

LEAVE A REPLY