Ilustrasi sedekah. (Foto: Ist)

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.”
(HR Muslim, 2558)

ZNEWS.ID JAKARTA – Memang tampak aneh. Jelas-jelas sedekah itu mengurangi harta. Yang semestinya ada 20 juta, jika disedekahkan 2 juta, tinggal 18 juta. Namun, mengapa Rasulullah shalallaahu alaihi wassalam menyatakan bahwa sedekah takkan mengurangi harta?

Mari kita simak pembahasan singkatnya satu per satu:

1. Sedekah Ikhtiar Menarik Rezeki

Apakah membeli materai Rp6.000 untuk tanda tangan perjanjian bernilai jutaan artinya telah mengurangi harta?

Apakah segayung air yang dimasukkan dalam pompa di saat musim kemarau dengan harapan bisa memancing keluarnya air lebih banyak dari dalam pompa berarti telah mengurangi ‘harta’?

Kalau kita mau berpikir jernih, sedekah itu memang ibarat materai dalam perjanjian, yang takkan keluar jumlah nominal perjanjiannya jika tak ditandatangani di atas materai tersebut.

Jadi, tidak bisa pakai logika ‘ada uang dulu baru ada barang’, tidak bisa kita katakan “Ya, sudah, tanda tangan dulu saja, kalau sudah keluar uang baru beli materai.”

Tapi, memang harus beli materai dulu agar perjanjian bisa disepakati dan segera keluar nominal uang perjanjiannya.

Sama juga seperti segayung air yang diharapkan bisa memancing keluarnya air lebih banyak dari dalam pompa. Kita tak bisa berpikir “Saya baru akan memasukkan air ke dalam pompa kalau pompa ini sudah mengeluarkan air.” Sungguh pemikiran aneh.

LEAVE A REPLY