KA Pandalungan relasi Gambir – Surabaya – Jember anjlok di dekat Stasiun Tanggulangin Kabnupaten Sidoarjo, Minggu (14/1/2024). Anjloknya KA Pandalungan terekam dalam vidoe amatir. Dari video yang beredar itu, tampak KA Pandalungan tengah melaju mendekati Stasiun Tanggulangin. Namun tiba-tiba KA anjlok ke arah kiri sehingga menyebabkan gerbong depan keluar lintasan.

Sementara itu, dampak dari anjolknya KA Pandalungan membuat sejumlah jalan utama macet total. Pasalnya rangkaian gerbong kereta api menutup jalur utama jalan Tulangan-Kludan yang merupakan jalur utama menuju Sidoarjo.

Penumpang Kereta Di Evakuasi

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan semua penumpang selamat pasca anjloknya KA Pandalungan (KA 75A) rute Gambir – Surabaya – Jember. Kereta api tersebut anjlok di Stasiun Tanggulangin, Kab Sidoarjo, pada Minggu (14/1) pukul 07.57 WIB.

“Kami sampaikan bahwa tidak ada korban jiwa atas kejadian ini, sebagai layanan lanjutan bagi para pelanggan, KAI melakukan skema operasional perjalanan KA dari lintas bangil memutar lewat malang dan kertosono,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Minggu (14/1/2024). “KAI juga mnyediakan bus dari stasiun Bangil dan stasiun sidoarjo untuk mengantar pelanggan menuju stasiun tujuan,” sambung Joni

Evakuasi Kereta 

Dampak anjlokan tersebut Jalur KA di emplasemen Stasiun Tanggulangin untuk sementara waktu belum dapat dilalui oleh KA. Jalur KA yang terganggu akibat kejadian ini adalah jalur dari Surabaya menuju Malang dan Jember. Adapun KA-KA yang terganggu sementara ini akibat kejadian tersebut yaitu KA (75A) Pandalungan relasi Gambir – Surabaya – Jember dan KA (432) Commuterline Penataran.

Saat ini KAI tengah melakukan upaya evakuasi pada Rangkaian kereta api tersebut dan normalisasi jalur. “KAI menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan dan perjalanan kereta api” tutup Joni.

BACA JUGA  Puluhan Sekolah di Sumedang Rusak, Siswa Terpaksa Sekolah Bergantian

Proses evakuasi sarana lokomotif dan kereta KA Pandalungan yang anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo telah selesai dilakukan Senin dini hari tadi. Sehingga jalur tersebut sudah dapat dilalui.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus memastikan, proses evakuasi berjalan lancar dan terkendali. Adapun seluruh penumpang maupun crew KA Pandalungan dalam kondisi selamat dan tidak ada yang terluka.

Sementara itu, terkait penyebab terjadinya anjlokan KA Pandalungan, KAI masih menyelidiki dan melakukan evaluasi penyebabnya.  “Atas peristiwa ini, Kami menyampaikan permohonan maaf kepada para penumpang KA yang kemarin mengalami ketidak nyamanan dalam pelayanan,” kata Joni dilansir dari halaman suara.com

LEAVE A REPLY