Ilustrasi mobil mati mendadak. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA –  Kejadian mesin mobil yang tiba-tiba mati saat sedang dikemudikan selalu menjadi momok menakutkan bagi pengemudi, apalagi jika terjadi di tengah lalu lintas yang padat. Selain itu, ada risiko kecelakaan yang dapat terjadi karena mobil tiba-tiba berhenti akibat mesin mati.

Ada berbagai penyebab mengapa mesin mobil bisa mati tiba-tiba, dan semuanya berkaitan dengan bagaimana Anda merawat kendaraan tersebut. Berikut ini tujuh faktor yang dapat menyebabkan mesin kendaraan mati secara tiba-tiba:

1. Bahan Bakar Habis

Penyebab matinya mesin yang paling mudah untuk diidentifkasi adalah karena habisnya bahan bakar kendaraan tersebut. Kondisi ini memang bisa terjadi ketika pemilik lupa tidak mengisi bahan bakar kendaraan. Nantinya, mesin mobil akan kembali hidup dan beroperasi ketika Anda sudah mengisi bahan bakar.

2. Starter Mobil

Kejadian mesin tiba-tiba mati ini juga dapat disebabkan karena starter mobil yang bermasalah. Sistem starter mobil memang merupakan komponen penting karena berfungsi untuk menyalakan mesin mobil.

Tanda permasalahan pada komponen ini adalah timbulnya suara keras ketika mencoba menghidupkan mesin mobil, mesin mobil tidak hidup, starter mobil bekerja terlalu lemah, hingga starter mobil yang terlalu keras.

3. Sistem Mekanis Bermasalah

Mesin mobil mati mendadak juga bisa disebabkan karena komponen-komponen mekanis mobil mengalami kerusakan. Kerusakan ini disebabkan karena mesin mobil kurang terawat. Padahal sebenarnya, Anda perlu melakukan servis secara berkala terhadap mesin mobil.

4. Mesin Panas

Mobil yang terus menerus digunakan dengan intensitas rutin dan jarang beristirahat maupun service berkala dapat menjadi pemicu mesin mengalami overheat. Overheat pada mobil yang dibiarkan begitu saja secara terus menerus bisa menyebabkan permasalahan atau kerusakan mesin.

LEAVE A REPLY