Ilustrasi 5 Langkah Mitigasi Serangan Ransomware. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Ransomware adalah jenis program jahat, atau malware, yang mengancam korban dengan merusak atau menghalangi akses ke data atau sistem penting sampai tebusan dibayar.

Secara historis, sebagian besar ransomware menargetkan individu. Namun, akhir-akhir ini, ransomware yang dikirim oleh manusia dan menargetkan organisasi menjadi semakin meluas dan sulit untuk dicegah serta ditangani.

Perusahaan keamanan siber ITSEC Asia memberikan lima langkah tepat untuk memitigasi serangan ransomware yang semakin marak dan dapat dilakukan untuk menghadapi potensi peretasan.

“Seluruh sistem teknologi yang kita gunakan saat ini, seperti IT, OT, dan IoT selalu mengalami perkembangan. Begitu juga dengan jenis dan variasi ancaman siber, yang terus berevolusi untuk menembus sistem keamanan yang semakin canggih,” kata Presiden Direktur PT ITSEC Asia Tbk Joseph Lumban Gaol, dikutip dari Antara.

Oleh karena itu, penting bagi industri, bisnis, dan instansi untuk terus memperbarui sistem keamanan informasi yang mereka miliki, terutama bagi sektor Infrastruktur Informasi Vital (IIV).

Untuk memitigasi serangan ransomware di masa depan, berikut lima langkah yang dapat dilakukan:

  • Mengendalikan Penyebaran Malware

Langkah pertama saat terjadi kebocoran data adalah mengendalikan penyebarannya. Sistem yang terpengaruh perlu diisolasi dari jaringan untuk mencegah penyebaran malware atau akses tidak sah lebih lanjut.

BACA JUGA  Kurban di Kaki Gunung Merbabu, Simbol Kebersamaan Antarumat Beragama

LEAVE A REPLY