Ilustrasi menulis. (Foto: Unsplash.com/Green Cameleon)

ZNEWS.ID JAKARTA – Setiap orang bisa menulis, tetapi tidak semuanya terbiasa. Setiap orang mampu menulis, tetapi tidak semuanya mampu konsisten. Keterampilan menulis merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai seseorang.

Aktivitas kita sehari-hari tidak terlepas dari kegiatan yang satu ini. Entah itu menulis pesan, menulis status, menuliskan surat formal, atau menulis untuk kepentingan pekerjaan atau pendidikan.

Kegiatan menulis memberikan manfaat yang banyak bagi pelakunya. Menulis dapat memberikan efek positif pada kesehatan, bisa menenangkan, bisa meningkatkan kemampuan konsentrasi dan observasi, meningkatkan daya imajinasi dan bahkan digunakan sebagai terapi penyembuhan.

Namun, meskipun sebagian besar dari kita menyadari banyak manfaat dari menulis, hanya sedikit dari kita yang tercerahkan untuk menjadikan aktivitas menulis sebagai kebiasaan.

Sebagian beralasan karena tidak memiliki waktu, sebagian yang lain mengatakan tidak memiliki bakat menulis dan banyak yang beralasan bingung harus memulainya dari mana.

Reda Gaudiamo, seorang seniman, penyair dan penulis mengatakan bahwa untuk bisa menulis seseorang hanya perlu peka dengan apa yang ia lihat, ia dengar, dan ia pikirkan. Tulislah apapun yang terasa di hati, baik saat hati riang ataupun saat memiliki beban. Menulis akan membebaskanmu dari beban-beban itu.

Reda membagikan lima trik latihan menulis berikut ini:

Latihan 1. Menulis Apapun yang Kamu Mau

Kita bisa meluangkan waktu 5-10 menit dan menulis apa yang kita pikirkan, apa yang kita rasakan saat itu. Lupakan tata bahasa, lupakan pendapat orang. Tugas kita  hanya menulis, jangan mengkritik diri sendiri atas keterampilan kita dalam menulis.

LEAVE A REPLY