Ilustrasi Tiga Langkah Penting Raih Hidup Berkecukupan. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivan-balvan)

Oleh: Baratadewa Sakti Perdana (Pendamping Keuangan Bisnis UMKM)

ZNEWS.ID JAKARTA – Hidup berkecukupan adalah impian semua orang. Hidup berkecukupan berarti tidak kekurangan kebutuhan pokok, seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, dan pendidikan. Hidup berkecukupan juga berarti memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan untuk kemampuan berjaga-jaga di masa depan.

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi tingkat ekonomi seseorang, seperti pendidikan, pekerjaan, dan sumber daya yang dimiliki. Ada tiga langkah penting sebagai pendekatan yang dapat digunakan untuk dapat membantu seseorang mencapai hidup berkecukupan.

Pertama, bersungguh-sungguh dalam memenuhi kebutuhan. Penghasilan adalah sumber utama untuk memenuhi kebutuhan hidup. Oleh karena itu, penting untuk memiliki penghasilan yang cukup dalam usaha memenuhi kebutuhan saat ini dan di masa depan.

Ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan, misalnya dengan bekerja akan mendapatkan upah, dengan berwirausaha akan mendapatkan keuntungan, atau dengan berinvestasi yang akan mendapatkan dividen.

Dan, cara terbaik untuk meraih penghasilan, baik melalui bekerja, berwirausaha, ataupun berinvestasi, adalah dengan bersungguh-sungguh untuk dapat memenuhinya.

Yang dimaksud bersungguh-sungguh adalah memiliki kompetensi atau keterampilan (ilmu) yang cukup melalui kerja keras, cerdas, ikhlas, dan tuntas sesuai bidang pekerjaan yang dijalani, termasuk makna bersungguh-sungguh, yakni proses saat meraihnya juga harus dengan cara yang baik (halal).

Ketika proses meraihnya dilakukan dengan cara yang baik, yakni dengan tidak merugikan orang lain, maka hati menjadi lebih tenang dan hidup terasa nyaman. Tenangnya hati dan nyamannya seseorang dalam berkehidupan, akan memudahkannya dalam meraih kemampuan untuk bersyukur atas apa yang telah dikaruniakan.

Hal ini tentu menjadi modal yang sangat dibutuhkan siapapun dalam membangun komunikasi dan hubungan baik yang optimal dengan orang lain, baik dalam bekerja, berwirausaha, maupun berinvestasi.

BACA JUGA  5 Alasan Pentingnya Siapkan Dana Darurat

Ketenangan diri yang dimiliki juga akan membuat seseorang cenderung lebih fokus, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja. Hati yang tenang juga dapat membantu berpikir lebih jernih dan objektif, sehingga akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pengambilan keputusan yang tepat.

LEAVE A REPLY