JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI mengatakan ada potenis hujan lebat di 21 provinsi pada Selasa (9/7).

Dikutip dari laman resmi BMKG di Jakarta, 21 provinsi yang berpotensi diterjang hujan lebat itu adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, dan Kalimantan Barat.

Berikutnya, ada pula Provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Selain hujan lebat, BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai turunnya hujan yang disertai petir dan kilat di sejumlah daerah, yakni Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Hujan yang disertai petir dan kilat juga diprediksi berpotensi terjadi di Provinsi Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Ada pula peringatan mengenai hujan yang disertai dampak seperti banjir yang dapat melanda daerah Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BACA JUGA  Potensi Hujan di DKI Jakarta Meningkat pada Akhir Juli-Agustus

LEAVE A REPLY