Ilustrasi daycare atau tempat penitipan dan pengasuhan anak. (Foto: Thinkstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Prof Dr Seto Mulyadi SPsi MSi, berpesan agar orang tua lebih selektif memilih daycare (tempat penitipan dan pengasuhan anak) dengan mengedepankan aspek edukasi, lingkungan, maupun keamanan.

“Ya, yang ramah anak dan yang betul-betul menjunjung tinggi atau mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak,” ucap pria yang akrab disapa Kak Seto ini dilansir dari Antara.

Ia menyarankan agar orang tua memilih daycare yang lingkungannya aman. Artinya, tidak banyak asap atau di pinggir jalan, lingkungan yang kotor dan licin, pengasuh yang profesional dan pemimpin tempat pengasuhan anak yang paham tujuan mendirikan daycare tersebut.

Kak Seto juga meminta orang tua untuk memeriksa langsung tempat tersebut guna menghindari potensi buruk dari daycare tersebut.

“Orang tua harus terjun, harus lihat sendiri. Artinya ‘abal-abal’ itu bisa saja mungkin ada para pedofil menyasar anak-anak yang balita. Atau kedua, sekadar untuk bisnis, itu juga tidak benar,” tuturnya.

Pencipta karakter Si Komo ini juga menjelaskan beberapa manfaat daycare bagi perkembangan anak, salah satunya merangsang perkembangan sosial.

“Ya, karena peniruan, social learning-nya berjalan, belajar secara sosial itu kadang lebih efektif dari belajar dengan ayah ibunya. Ketika melihat teman-temannya duduk manis makan, semua ikut,” ucap lulusan psikologi UI itu.

BACA JUGA  Tips Orang Tua Hadapi Anak di Masa Pandemi

LEAVE A REPLY