Ilustrasi Hukum Menggabungkan Niat Puasa Asyura dengan Qada Ramadan. (Foto: freepik.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Memasuki Muharram yang penuh kemuliaan, terdapat banyak anjuran pada umat Islam untuk mengerjakan amalan sunah. Salah satunya yaitu puasa Asyura.

Puasa Asyura merupakan puasa sunah yang pengerjaanya pada 10 Muharam setiap tahunnya. Tahun ini, perkiraan puasa asyuro jatuh pada 8 Agustus 2022.

Sebelum mengerjakan puasa Asyura, Islam menganjurkan pad aumatnya untuk mengerjakan puasa Tasua terlebih dahulu, yang jatuh pada 9 Muharam.

Melaksanakan anjuran ini bertujuan sebagai pembeda dengan umat Yahudi, karena pada hari Asyura mereka juga berpuasa.

Karena sama-sama bersifat sunah, kedudukan puasa Asyura dan Tasua lebih rendah jika bandingannya dengan qada puasa Ramadan. Hal ini karena qada puasa Ramadan hukumnya wajib bagi mereka yang memiliki utang puasa.

Namun, sebelum melakukan anjuran puasa ini, terdapat banyak pertanyaan khususnya pada wanita yang mempunyai utang puasa Ramadan karena halangan rutin setiap bulanya.

Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana jika membarengi puasa Asyuro dengan qada puasa Ramadhan? Bagaimana hukumnya? Hukum Islam memperbolehkan atau tidak? Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA  Sejarah dan Niat Puasa Tasua 9 Muharam

LEAVE A REPLY