Ilustrasi: Bendera Amerika tergantung dari fasad gedung New York Stock Exchange (NYSE) setelah dimulainya sesi perdagangan di Manhattan, New York City, New York, AS, Kamis (28/1/2021). (Foto: ANTARA/REUTERS/Mike Segar)

Oleh: Zharfa Hafizhotul Qonita

Part #1: Bagaimana AS Bekerja

ZNEWS.ID JAKARTA – Menjadi seorang penerima manfaat Bakti Nusa merupakan salah satu amanah yang dititipkan untuk kita bisa memahami bagaimana dunia tempat kita tinggal ini bekerja.

Bahkan  teori dan materi geopolitik sangat perlu kita pelajari supaya kita mengerti bagaimana dunia saat ini, salah satunya yakni tentang kiblat dunia saat ini.

Dunia saat ini berkiblat pada Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Sudah dari era perang dunia, Amerika mulai ingin menguasai dunia. Ya, menguasai.

Namun, sebenarnya apa, sih  yang diinginkan Amerika dan mengapa ia ingin menguasai dunia dengan begitu semangatnya?

Dalam buku How The World Works karya Noam Comsky, dijelaskan bagaimana Amerika Serikat ini memiliki banyak agenda beserta kebijakan-kebijakannya.

Melindungi Padang Rumput

Hampir sebagian besar kekayaan dunia dimiliki oleh AS. Sekitar 50% kekayaan dunia dikuasai negara tersebut. Semenjak Perang Dunia I dan II berlangsung, banyak sekali negara yang mengalami kemiskinan karena banyak menghabiskan sumber daya alam internal negaranya.

Namun, tidak untuk AS, bahkan dia memiliki 3 kali lipat jauh lebih besar dibandingkan biasanya. Tak ayal bahwa saat ini memang AS memiliki kekayaan dunia.

BACA JUGA  Pembunuh di FedEx Indianapolis Pernah Ditahan karena Sakit Jiwa

LEAVE A REPLY