Ilustrasi Memanfaatkan Waktu Luang. (Foto: freepik.com)

Oleh: M Ni’am Khafidh

ZNEWS.ID JAKARTA – Tulisan ini merupakan refleksi dari mengikuti bedah buku 23 Faidah fi Al Ijaazaat wa ar Rihalaat karya Syekh Muhammad Shalih Al Munajid.

Buku ini membahas secara rinci mengenai hakikat dan langkah-langkah memanfaatkan waktu luang. Terdapat 23 poin pembahasan dalam buku ini yang sangat mudah untuk dipahami.

Setiap manusia memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam setiap harinya. Namun, sebagian dari kita merasa waktu yang telah diberikan tidak cukup untuk menyelesaikan amanah kita.

Padahal, kalau melihat sejarah perjalanan ulama-ulama terdahulu, waktu 24 jam ini bisa termanfaatkan dengan baik. Dari waktu yang telah diamanahkan tersebut, bisa menghasilkan karya-karya luar biasa yang masih bermanfaat sampai sekarang.

Berikut ini pesan-pesan yang diperoleh dari bukunya:

  • Terminal Kehidupan

Manusia dalam hidupnya mengalami sejumlah terminal-terminal kehidupan. Sebagian terminal tersebut bersifat membangun dan sebagian terminal yang lainnya menghancurkan.

Tapi yang jelas, semua terminal itu pasti berlalu dan yang tersisa adalah amal yang dilakukan seseorang dalam hidupnya.

  • Waktu adalah Hakikat Umur

Waktu seseorang adalah hakikat umurnya. Dalam pandangan Islam, adanya tahun baru atau bulan baru menunjukkan hilangnya sebagian diri kita. Bahwa, hakikatnya diri kita semakin dekat dengan akhirat dan jauh dari dunia ini.

LEAVE A REPLY