Dari 20 indukan yang dibagikan kepada 20 peternak di Dusun Gunung Butak, Giripanggung, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, lahirlah pemberdayaan ratusan kambing Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa. (Foto: DD Yogyakarta)

ZNEWS.ID GUNUNGKIDUL – Pada 2014, Dompet Dhuafa memberikan 20 ekor kambing indukan yang dibagikan kepada 20 peternak di Dusun Gunung Butak, Giripanggung, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu, Dompet Dhuafa juga memberikan empat ekor kambing jantan yang dapat digunakan bersama secara bergilir oleh para peternak.

Intervensi berupa pendampingan dan pelatihan rutin juga dilakukan Dompet Dhuafa kepada para peternak. Sehingga, mereka dapat merawat dan mengembangbiakan kambing dengan baik.

“Awalnya dulu 20 ekor indukan dan empat ekor jantan dibagi ke dua puluh peternak, Mbak. Jantanya digunakan bergilir. Alhamdulillah, saat ini sudah berkembang menjadi 114 ekor indukan yang dibagi ke 114 penerima manfaat pemberdayaan.” ujar Purwanto, salah satu pemberdaya kambing di Dusun Gunung Butak.

Mendengar kata DD Farm, yang terlintas di benak pasti Dompet Dhuafa. Teryata, tak hanya DD Farm, Dompet Dhuafa juga memiliki Kampung Ternak yang terdiri dari para peternak yang diberdayakan. Pemberdayaan ini bermula dari dana zakat yang disalurkan.

Penyaluran dana zakat kepada dhuafa tidak serta merta hanya untuk membantu perekonomian mereka. Tetapi juga memberdayakan dana tersebut, sehingga dapat menumbuhkan para mustahik menjadi muzaki terbaik di kemudian hari.

“Bagaimana cara menumbuhkan masyarakat menjadi masyarakat yang mandiri adalah salah satu goals kami. Sehingga, masyarakat yang awalnya menjadi mustahik atau penerima manfaat zakat, suatu saat bisa menjadi muzaki terbaik karena perekonomianya yang tumbuh. Meskipun berawal dari dana zakat yang disalurkan,” kata Nuryanto, Koordinator Bidang Ekonomi Dompet Dhuafa Yogyakarta.

BACA JUGA  Tim Keuangan Dompet Dhuafa Antusias Diamanahkan Lakukan QC Hewan Kurban

LEAVE A REPLY