Ilustrasi jemaah haji Indonesia. (Foto: MCH 2022/Kemenag)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pemerintah terus berupaya memberikan layanan yang terbaik bagi jemaah haji Indonesia. Ada sejumlah layanan yang telah disiapkan dan berharap jemaah haji Indonesia dapat mengoptimalkannya.

“Di Madinah dan Makkah, seluruh jemaah haji diberikan layanan makan tiga kali sehari, air mineral dan air zamzam,” terang kata Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Akhmad Fauzin saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (27/6/2022).

Fauzin menambahkan, pemerintah juga menyediakan layanan berupa paket ziarah melalui Muassasah Adilla di Madinah.

“Di bandara King Abdul Aziz Jeddah juga diberikan layanan konsumsi 1 kali makan,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga menyediakan transportasi bus shalawat yang bermanfaat untuk antar jemput jemaah dari tempat hotel ke Masjidil Haram, pergi pulang.

“Di sekitar Masjid Nabawi dan Masjidil Haram, juga disiapkan petugas sektor khusus yang selalu bersiaga 24 jam untuk memberikan perlindungan terutama Jemaah yang tersesat dari rombongannya,” ujarnya.

Tidak hanya itu, setiap harinya, di Makkah juga dilaksanakan pembimbingan manasik dan konsultasi ibadah lainnya.

“Di bidang kesehatan, pemerintah memberikan layanan pengecekan kesehatan rutin melalui PPIH kloter masing-masing, di samping menyediakan Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Madinah dan Makkah. Dan bagi jemaah sakit, pemerintah memberikan pendampingan dan pembimbingan setiap harinya,” jelas Fauzin.

BACA JUGA  Banyak Jemaah Haji Indonesia yang Lupa Arah Pulang ke Hotel

LEAVE A REPLY