Dewan Syariah Dompet Dhuafa mengadakan seminar Islamic Sosial Finance dengan tema “Peran Islamic Finance (ISF) dengan Perekonomian Umat dan Bangsa”, Selasa (21/6/2022). (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID PALANGKA RAYA – Dewan Syariah Dompet Dhuafa melakukan kunjungan silaturahmi dan pembinaan di Kalimantan Timur, Sabtu – Selasa, 18 – 21 Juni 2022. Tak hanya silaturahmi, Dewan Syariah Dompet Dhuafa juga berdiskusi dan berkolaborasi dengan Ketua MUI, Baznas, Kemenag Kabupaten Kotawaringin Barat, Kanwil Kemenag RI Provinsi, Pimpinan Baznas Provinsi Kalimantan Tengah, dan MUI Kota Palangka Raya.

Selain berilaturahmi dan berkonsolidasi, Dewan Syariah Dompet Dhuafa pada Selasa (21/6/2022), mengadakan Seminar Islamic Sosial Finance dengan tema “Peran Islamic Finance (ISF) dengan Perekonomian Umat dan Bangsa” yang membahas dua topik utama.

Yaitu, Milestone Dakwah Zakat dan Filantropi Islam dan Kemaslahatan Umat yang dipaparkan oleh pembicara seminar yaitu Ustaz H Ahmad Fauzi Qosim SS MA MM selaku Sekretaris Dewan Syariah Dompet Dhuafa, dan Ustaz Izzuddin Abdul Manaf Lc MA PhD, selaku Anggota Dewan Syariah, DSN MUI, dan Praktisi Ekonomi Islam yang turut dihadiri para akademisi FEBI IAIN, pegiat zakat, dan ormas.

Dewan Syariah Dompet Dhuafa melakukan kunjungan silaturahmi dan pembinaan di Kalimantan Timur, Sabtu – Selasa, 18 – 21 Juni 2022. (Foto: Dompet Dhuafa)

Ustaz Ahmad Fauzi Qosim mengatakan bahwa tata kelola zakat memiliki tiga “pro” utama dalam pengelolaannya agar aman syar’I dan regulasi, yaitu profesional, prosedural, dan proporsional.

Dia menambahkan, yang diharapkan dari teman-teman pengelola zakat dan akademisi di daerah adalah pengelolaan zakat harus sesuai standar, aturan, operasional yang berlaku tercatat dalam undang-undang negara, serta sesuai syariat Islam.

“Harapannya dengan adanya kunjungan silaturahmi dan konsolidasi kali ini kita bertumbuh dan berkembang sesuai syariah dan regulasi,” katanya.

Dewan Syariah Dompet Dhuafa melakukan kunjungan silaturahmi dan pembinaan di Kalimantan Timur, Sabtu – Selasa, 18 – 21 Juni 2022. (Foto: Dompet Dhuafa)

Ia menjelaskan bahwa Dewan Syariah memiliki fungsi penguatan pemahaman tertutama dengan kawan-kawan yang berada di cabang terkait aspek syariah. Serta, pengawasan terkait aktivitas pengelolaan zakat yang ada di cabang, berdiskusi, dan memberikan evaluasi terkait pengelolaan zakat.

“Selain untuk mempererat silaturahmi, semoga dengan adanya seminar dan gerakan literasi ini kita bisa saling memberikan masukan dan sebagai bahan evaluasi kami di pusat,” tuturnya.

Kegiatan lainnya yang dilakukan antara lain adalah sharing bersama Pengelola Pesantren Mualaf Dompet Dhuafa, dengan Etoser Palangka Raya, Halaqah Syariah dengan komunitas di Kotawaringin Barat, Bincang syariah bersama komunitas dan MPZ Dompet Dhuafa di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kunjungan Program Binaan di Samuda Kotim, Rumah Tahfiz Al Anshar, dan Kunjungan ke Program sekolah alam Mutiara Tarbiyah jaringan Dompet Dhuafa Kalimantan Tengah. *

LEAVE A REPLY