Dompet Dhuafa Sumsel bekerja sama dengan WOM Finance, PERDAMI, dan RS Bunda Medika Jakabaring menghadirkan operasi katarak gratis untuk kalangan dhuafa yang tidak memiliki asuransi kesehatan. (Foto: DD Sumsel)

ZNEWS.ID PALEMBANG – Dompet Dhuafa Sumsel bekerja sama dengan WOM Finance, PERDAMI, dan RS Bunda Medika Jakabaring menghadirkan operasi katarak gratis. Kegiatan yang dimulai sejak Maret 2022 ini menyasar penderita katarak dari kalangan dhuafa yang tidak memiliki asuransi kesehatan.

Sebanyak 50 pasien yang berasal dari berbagai daerah di Sumatra Selatan menjadi penerima manfaat kegiatan operasi katarak gratis kolaborasi Dompet Dhuafa Sumsel dengan WOM Finance, PERDAMI, dan RS Bunda Medika Jakabaring.

Untuk memastikan kesiapan para pasien, operasi katarak gratis ini dilaksanakan di RS Bunda Medika Jakabaring secara bergiliran. Selama tiga pekan berturut di Maret dan 2 pekan berturut di Juni.

Dompet Dhuafa Sumsel bekerja sama dengan WOM Finance, PERDAMI, dan RS Bunda Medika Jakabaring mengadakan operasi katarak gratis untuk kalangan dhuafa yang tidak memiliki asuransi kesehatan. (Foto: DD Sumsel)

Operasi ini sempat mengalami penundaan selama Ramadan agar tidak mengganggu kehusyukkan amaliah Ramadan mengingat kondisi para pasien yang sedang dalam keadaan berpuasa.

Koordinator dan Admin Program Dompet Dhuafa Sumsel, Kartini, mengatakan bahwa sebelum operasi dilakukan, pasien melakukan screening pemeriksaan awal.

“Selanjutnya, ada beberapa tes kesehatan seperti pemeriksaan tensi dan gula darah. Jika syarat-syarat telah terpenuhi, bisa langsung dilakukan operasi.” katanya.

Dompet Dhuafa Sumsel bekerja sama dengan WOM Finance, PERDAMI, dan RS Bunda Medika Jakabaring mengadakan operasi katarak gratis untuk kalangan dhuafa yang tidak memiliki asuransi kesehatan. (Foto: DD Sumsel)

Selanjutnya, sehari setelah dilakukan tindakan, dilakukan evaluasi terhadap hasil operasi yang telah dilakukan.

“Ada lebih dari 50 pasien yang mendaftar. Tapi, dari hasil skrining yang dilakukan ada beberapa pendaftar yang tidak mengalami katarak, melainkan kelainan mata lainnya.” tuturnya.

Oleh: Ahabba

BACA JUGA  DD Sumsel Bantu Pelunasan Biaya Kontrakan Keluarga Dhuafa Terdampak Corona

LEAVE A REPLY