Ilustrasi Bangkit dari Pandemi lewat Teknologi. (Foto: thedrum.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pandemi virus Corona sudah berlangsung selama dua tahun, sudah sejak itu pula Indonesia berusaha bangkit dengan memanfaatkan teknologi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dalam wawancara khusus beberapa waktu lalu mengatakan bahwa salah satu dampak pandemi adalah dunia dapat melihat bagaimana pemanfaatan teknologi digital untuk membantu di aspek kesehatan.

Contoh paling nyata pemanfaatan teknologi dalam merespons pandemi adalah aplikasi PeduliLindungi yang dikelola pemerintah. PeduliLindungi bermula sebagai alat untuk melacak sebaran Covid-19 di masyarakat.

Pada perkembangannya, platform tersebut berkembang ibarat layanan terpadu satu atap (one stop service) untuk menanggulangi pandemi.

Selain pelacakan, PeduliLindungi juga berfungsi sebagai alat pendataan vaksinasi dan penyebaran informasi terkini soal regulasi perjalanan selama masa pandemi.

“Saya kira untuk Indonesia, ya Indonesia, negara-negara G20, para pemimpin itu sudah mengetahui bahwa melalui pemanfaatan teknologi digital, Indonesia termasuk berhasil untuk menjaga dan mengendalikan Covid-19,” kata Johnny, dilansir dari Antara.

Jika ditarik lagi, pemanfaatan teknologi digital di Indonesia sebenarnya tidak terjadi karena pandemi, namun, krisis kesehatan ini memicu adopsi teknologi lebih cepat.

Jauh sebelum pandemi, pemerintah melalui Kementerian Kominfo berupaya membangun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi supaya akses internet meluas sehingga lebih banyak lagi wilayah dan masyarakat yang bisa menggunakan teknologi digital.

“Pada saat kita sedang melakukan penggelaran infrastruktur TIK, muncul Covid-19. Ini kan waktu bersamaan sehingga kita lakukan akselerasi,” kata Johnny.

BACA JUGA  Kiat Startup Kuliner Bertahan dan Berkembang di Masa Pandemi

LEAVE A REPLY